infosawit

Asal Muasal China Kembangkan Bibit Sawit Unggul



Dok.Chinadialogue/Bibit sawit Re-you 6
Asal Muasal China Kembangkan Bibit Sawit Unggul

InfoSAWIT, JAKARTA - Nanbin Farms, sebuah perusahaan milik negara di kota Sanya, Hainan, mulai mengimpor kelapa sawit cangkang tipis (tenera) dari Malaysia dan Zaire (sekarang Republik Demokratik Kongo), untuk penanaman komersial baru, dan untuk meningkatkan produksi perkebunan yang ada. Tetapi perusahaan menghentikan produksi minyak sawit komersial pada tahun 1991, karena keuntungan yang rendah, dan aktivitas penelitian hampir terhenti.

Kepala Kelompok Pengembangan Minyak Sawit di Institut Penelitian Karet Dari Akademi Ilmu Pertanian Tropis China, Zeng Xianhai menggambarkan, delapan tahun setelah berakhirnya produksi kelapa sawit yang diproduksi Nanbin Farm, kelapa sawit selama beberapa dekade hanya dijadikan tanaman penghijauan dan tanaman hias. Namun, pohon hias itu, dan keturunannya, telah menjadi dasar penelitian Zeng, saat ia melihat bagaimana kelapa sawit akan mampu tumbuh dan beradaptasi di China.

Dia menemukan pohon-pohon yang tumbuh di utara jauh Dali di Yunnan, pada garis lintang 25 derajat utara, berbunga dan berbuah seperti biasa. Mereka kemungkinan menyebar karena kombinasi ditanam sebagai tanaman hias dan dispersi alami, kata Zeng.

Pada tahun 1998, sebuah badan pemerintah pusat meminta Akademi Ilmu Pertanian Tropis China untuk memulai kembali uji coba dengan kelapa sawit impor, untuk memastikan pemenuhan pasokan minyak nabati negara itu.

Tugas itu jatuh kepada Zeng, ahli karet Lin Weifu, dan lainnya. Pada tahun 2021, setelah lebih dari 20 tahun dan upaya dari dua generasi tim peneliti – sekarang dipimpin oleh Zeng sendiri – menghasilkan varietas kelapa sawit pertama yang dapat tumbuh di China dan menghasilkan lebih dari 200 kg CPO per mu yang diberi nama bibit sawit “Re-you 6”.

Dilansir, Chinadialogue, para peneliti telah mengembangkan berbagai varietas bibit lain dengan karakteristik yang beragam, semisal  tahan dingin, hasil produksi tinggi, kadar asam oleat tinggi, buah tanpa biji, tangkai buah panjang dan pertumbuhan tinggi lambat, sehingga memudahkan proses panen.

Pada tahun 2017, tim menyelesaikan uji penanaman bibit kelapa sawit skala  pertama di China yang ditanam dari kultur jaringan. Pemuliaan varietas baru dari kultur jaringan jauh lebih cepat daripada pemuliaan secara tradisional, dan bibit sangat homogen, memungkinkan perbanyakan lebih cepat.

Dalam sebuah laporan tentang varietas baru di Hainan Daily, Zeng mengatakan bahwa pemuliaan varietas sendiri akan mengubah situasi saat ini di mana industri minyak sawit China bergantung pada negara asing. (T2)

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi Maret 2022


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit