infosawit

RAD KSB Kaltim Rencana Terbit Tahun 2022



Foto: L Budi Candra Setya/SawitFest 2021
RAD KSB Kaltim Rencana Terbit Tahun 2022

InfoSAWIT, SAMARINDA - Tercatat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini sedang bersiap dalam upaya menerapkan kebijakan Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD KSB). Diungkapkan Ketua Harian Forum Komunikasi Perkebunan Berkelanjutan (FoKSBI), Yus  Alwi Rahman, sudah semenjak tahun 2020 lalu pihaknya telah memulai untuk melakukan penyusunan peraturan mengenai RAD KSB di Kaltim.

Bahkan untuk melakukan sosialisai itu Forum Komunikasi Perkebunan Berkelanjutan pula melakukan serangkaian acara Focus Group Discussion (FGD) dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta melibatkan multi pihak dalam upaya menyusun dan mendesain RAD KSB di Kaltim.

Diakui Yus Alwi, tidak mudah guna menyamakan persepsi dalam upaya perbaikan tata kelola perkebunan kelapa sawit sesuai dengan kebijakan RAN KSB, sebab itu komunikasi terus dibangun antara OPD ditingkat provinsi.

Sejatinya kata dia, kebijakan ini ibarat master plan yang penerapannya akan lebih banyak mendapat masukan dari tingkat daerah. Sebab itu kata Yus Alwi, perlu dicari benang merah antara RAN KSB dengan kegiatan yang akan diterapkan di daerah, lantaran nantinya yang akan mengeksekusi kegiatan tersebut adalah pihak daerah.

Kendala lain yang juga kerap muncul adalah ketika berbicara tentang komoditas kelapa sawit maka kerap tertuju kepada Dinas Perkebunan (Disbun), padahal kata dia, pengelolaan perkebunan kelapa sawit ditingkat tapak melibatkan banyak pihak dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sederhananya, tatkala ada masalah perkebunan kelapa sawit dengan kawasan hutan, Dinas Perkebunan tidak akan bisa masuk ke area masalah tersebut sendirian, lantaran harus menggandeng organisasi perangkat daerah lainnya seperti Dinas Lingkungan Hidup. Seba itu, pemahaman yang merata sangat dibutuhkan diantara OPD.

“Masih ada pihak menganggap bahwa pengelolaan perkebunan kelapa sawit itu hanya menjadi wilayah kerja Dinas Perkebunan saja, padahal tata kelola perkebunan kelapa sawit mesti dilakukan lintas organisasi perangkat daerah,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini.

Lantas untuk regulasi RAD KSB Kaltim sendiri, tutur Yus Alwi, sudah pada proses pembentukan draft rancangan kebijakan, berdasarakan perkiraan pada semester pertama tahun 2022 harapannya kebijakan itu sudah akan bisa diterbitkan, sekaligus bisa segera membentuk Tim Pelaksana Daerah. (T2)

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi April 2022


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit