infosawit

Harga TBS Sawit Jeblok, Malah Petani Masih Dibebani Potongan Wajib



Foto: Syaiful/SawitFest 2021
Harga TBS Sawit Jeblok, Malah Petani Masih Dibebani Potongan Wajib

InfoSAWIT, PANGKALAN KERINCI – Menyitir peribahasa sudah jatuh tertimpa tangga, itulah yang dialami para petani sawit di seluruh sentra perkebunan sawit di Indonesia saat ini, tidak terkecuali di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Di kabupaten ini, harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit yang diterima petani sawit terus mengalami penurunan setiap hari. Hal ini sudah berlaku selama beberapa bulan terakhir.

"Selain mengalami penurunan, TBS yang disetor petani pun mengalami potongan wajib yang persentasenya di atas tiga persen. Sehingga dana hasil penjualan yang diterima petani tidak maksimal," kata seorang petani sawit swadaya dari Pelalawan yang tak ingin diungkapkan identitasnya kepada InfoSAWIT, Selasa (21/6/2022).

Kata petani sawit swadaya tersebut, dari belasan perusahaan kelapa sawit (PKS) di Kabupaten Pelalawan dan sekitarnya hanya ada sedikit perusahaan yang melakukan potongan wajib 0 (nol) persen. Potongan wajib itu pun sering juga dilakukan di tingkat Ram atau toke sawit.

Sebagai petani kecil, ia dan sejumlah petani sawit lainnya tak punya kekuatan untuk melawan kebijakan potongan wajib yang lebih dari 2,5 persen tersebut.

Apalagi saat ini posisi petani sawit seperti tak punya daya tawar karena Pabrik Kelapa Sawit (PKS) bisa saja memutuskan untuk tidak menerima TBS sawit petani karena kebijakan pemerintah pusat yang semakin mengacaukan tata niaga TBS petani sawit.

Berikut daftar harga TBS Petani sawit di Kabupaten Pelelawan yang mulai berlaku Selasa (21/6/2022) hingga beberapa hari ke depan:

1.PT Musim Mas Rp 1.760/kg untuk TBS sawit kualitas super

2.PT Sri Indrapura Sawit Lestari (SISL) Rp 1.530/kg untuk TBS sawit besar

3.PT Multi Palma Sejahtera (MPS) Rp 1.490/kg

4.PT Inti Indosawit Subut (IIS) Rp 1.510/kg untuk TBS sawit besar

5.PT Sinar Siak Dian Permai (SSDP) Rp 1.540/kg

6.PT Guna Usagari Pratama (GUP) Rp 1.490/kg

7.PT Vintorindo Alam Lestari (VAL) Rp 1.670/kg untuk TBS sawit besar

8.PT SPS Rp 1.440/kg 

9.PT Anugerah Tani Makmur (ATM) Maredan Rp 1.770/kg untuk TBS sawit kualitas super

10.PT Berlian Inti Mekar (BIM) Rp 1.460/kg

11.PT Persada Agro Sawita (PAS) Rp 1.440/kg

Disclaimer: Semua harga itu adalah harga pencairan hasil transaksi dari delivery order atau surat pengiriman buah (DO/SPB) di tingkat PKS, bukan harga transaksi di lapangan saat ini. Untuk potongan berdasarkan persentase disebutkan wajib dan akan berubah setelah dilakukan sortir di PKS. (T5)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit