infosawit

Perkebunan Sawit PTPN IV Kebun Timur Diyakini Bisa Dongkrak Ekonomi Dua Daerah



Perkebunan Sawit PTPN IV Kebun Timur Diyakini Bisa Dongkrak Ekonomi Dua Daerah

InfoSAWIT, PASAMAN BARAT - PTPN IV adalah salah satu badan udaha milik negara (BUMN) yang berkantor di Kota Medan dan memiliki unit kebun sawit di berbagai daerah di Sumatera Utara, termasuk di kawasan Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Salah satu unit kebun di kawasan kabupaten ini diyakini bisa melancarkan ekonomi antara dua daerah, yakni Kabupaten Madina dan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) di Sumatera Barat.

Penilaian itu disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke dua tempat yakni Pelabuhan Teluk Tapang, Kecamatan Air Bangis, dan ke PTPN IV Kebun Timur, Madina, yang terletak di perbatasan Sumbar dan Sumut.

Saat itu Gubernur Mahyeldi Ansharullah didampingi oleh Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto. Kata Gubernur, keberadaan Kebun Timur milik PTPN IV akan memberi dampak positif bagi perekonomian kedua belah pihak.

Mahyeldi Mengungkapkan, akses Pelabuhan Teluk Tapang akan memudahkan distribusi hasil perkebunan dan pertambangan yang ada di Pasbar, sekaligus memudahkan distribusi hasil bumi perekonomian masyarakat Sumatera Utara bagian selatan.

"Kita ingin melihat bagaimana kesiapan Teluk Tapang untuk melaksanakan ekspor biji besi nantinya. Kita juga melihat standar kapal yang membawa CPO dari perusahan-perusahaan. Sebab tahun ini hingga 2024 nanti akan terus dilanjutkan pembangunan jalan. Kan jaraknya ada 45 km, sudah dibangun 20 km dan sisanya 25 km lagi," kata Mahyeldi Dari keterangan resmi Pemkab Pasbar yang diperoleh InfoSAWIT, Rabu (22/6/2022).

Dalam kesempatan itu ia meninjau kesiapan Pelabuhan Teluk Tapang dalam mengekspor biji besi. Ia juga meninjau standar kapal yang membawa minyak sawit mentah atau crude palm oil (MSM/CPO) produksi PTPN IV maupun dari perusahaan sawit lainnya.

Ia meyakinkan semua pihak kalau pembangunan akan terus dilakukan hingga tahun 2024. Dengan demikian Pelabuhan Teluk Tapang akan menjadi pelabuhan strategis bagi Sumbar, khususnya Kabupaten Pasbar.

Senada diungkapkan Wabup Pasbar, Risnawanto, pihaknya pun akan mengupayakan untuk melanjutkan pembangunan akses pelabuhan beserta sarana dan prasarana penunjang. Dalam kegiatan ini Pemkab Pasbar akan melibatkan berbagai pihak seperti Dinas PUPR, Bappeda, serta Dinas Perhubungan Pasbar dalam koordinasi dan membantu terlaksananya pembangunan.

Ia berharap sinergi yang dijalin Pemkab Pasbar, Pemprov Sumbar dan pemerintah pusat tetap terjalin baik demi perkembangan pembangunan di Pasbar.

Kendala lain yang menghambat keterhubungan antara Madina dan Pasbar, menurut Risnawanto, adalah akses jalan dari Kebun Timur PTPN IV di Madina yang sanat berat. Hal itu pun dibuktikan sendiri oleh rombongan Gubernur Sumbar dalam kunjungan ke Kebun Timur.

Tujuan kunjungan ke Kebun Timur PTPN IV guna menjalin kerjasama pembukaan jalur Pelabuhan Teluk Tapang hingga PTPN IV. Sebab akses pelabuhan Teluk Tapang hingga Bunga Tanjung baru selesai memasuki masa tender dan diperkirakan pembangunan membutuhkan waktu dua tahun. (T5)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit