infosawit

India Tertarik Belajar Kembangkan Perkebunan Kelapa Sawit dari Sumut



India Tertarik Belajar Kembangkan Perkebunan Kelapa Sawit dari Sumut

InfoSAWIT, MEDAN - Tiga orang delegasi dari India tertarik untuk mempelajari pola pengembangan perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara. Tidak hanya teknis perawatan kebun yang mereka ingin pelajari, melainkan juga ingin mempelajari UU Nomor 39 tahun 2019 tentang Perkebunan.

"Mereka juga ingin mempelajari Peraturan Gubernur Sumatera Utara Nomor 14/2020 tentang Rencana Aksi Provinsi Kepala Sawit Berkelanjutan di Sumatera Utara. Selain itu, mereka juga ingin mempelajari tentang pelaksanaan good agriculture practice (GAP) kelapa sawit dan serta program peremajaan sawit rakyat (PSR) di Sumut," ujar Kepala Dinas Perkebunan Sumut, Lies Handayani Siregar, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Rabu (22/6/2022).

Kata dia, pihak delegasi India itu telah berkunjung ke kantor Disbun Sumut pada hari Senin (20/6/2022) lalu. Tiga orang delegasi India itu terdiri dari Lvenkatramreddy selaku Horticuture Daerah Bagian Langkawi, Akhir Kumar selaku utusan Pemerintah Daerah Telangana dan M Succendec Reddy selaku pengurus Federasi Minyak Nabati Telengana.

Sekadar informasi, Telangana adalah ibukota Hyderabad, dan terletak di tenggara India. Kata Lies, pihak delegasi India didampingi oleh Margaret J Tarigan dan Kus Haryanto Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBP2TP) Medan, serta Agustiman Purba dari PT Socfindo Sumatera Utara.

Sedangkan yang mendampingi Lies Handayani yakni Indra Gunawan Girsang selaku Penyuluh Lingkungan, Dameria Risliwati Saragih selaku Pengawas Mutu Hasil Pertanian, Dewiana selaku Analis Pasar Hasil, dan Lismawati selaku Penyuluh Pertanian.

Lies mengaku dalam pertemuan itu membeberkan semua tentang pengembangan perkebunan kelapa sawit di Sumut, dari mulai perlunya pembinaan terhadap petani kelapa sawit guna menambah ilmu dan juga wawasan petani terutama dengan regulasi, pemilihan bibit, pola replanting, penggunaan pupuk dan juga penetapan harga di kelompok tani yang bermitra dengan perusahaan perkebunan. (T5)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit