infosawit

Sambut HUT DKI Jakarta, Apical Group Bersama Pemprov DKI Tanam 3000 Mangrove



Sambut HUT DKI Jakarta, Apical Group Bersama Pemprov DKI Tanam 3000 Mangrove

InfoSAWIT, JAKARTA –  Dalam rangka merayakan hari ulang tahun DKI Jakarta ke 495, Apical Group, salah satu perusahaan pengolah minyak sawit berkelanjutan, melalui unit bisnisnya, PT Asianagro Agungjaya (PT AAJ) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta melaksanakan kegiatan penanaman 3.000 mangrove di kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, hari ini.

Seperti diketahui bahwa hutan mangrove sangat penting dalam menyediakan dan menjaga keanekaragaman hayati, menjaga kualitas air, memperlambat erosi serta menyerap karbon dengan kecepatan dua hingga empat kali lebih besar dari hutan tropis dan dapat menyimpan tiga hingga lima kali lebih banyak karbon per area setara dengan hutan tropis.

Apical Director, Bernard A. Riedo mengutarakan, kegiatan penanaman mangrove ini merupakan salah satu perwujudan nyata dari filosofi grup perusahaan, yaitu good for climate, atau baik untuk iklim, yang termasuk dalam 5Cs (good for community, good for country, good for climate, good for customer, dan good for company). Selain itu, wujud nyata dari komitmen keberlanjutan kami yang telah tertuang dalam komitmen jangka panjang kami yaitu Apical2030, dimana salah satu program kami adalah penanaman mangrove.

“Kami juga berkomitmen untuk fokus akan keberlanjutan termasuk juga aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola di dalam bisnis kami yang terintegrasi dari hulu ke hilir,” tutur Bernard dalam keterangan resminya kepada InfoSAWIT, Rabu (22/6/2022).

Selain itu  menurut Bernard, kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan momentum HUT DKI Jakarta karena Apical Group ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk Jakarta di hari jadinya. “Dalam rangka memperingati HUT DKI Jakarta dengan tema Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi, kami, Apical Group merayakannya dengan berkolaborasi dengan Pemerintah, dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta dan mendukung upaya Pemerintah dalam menyukseskan program rehabilitasi mangrove di Jakarta,” kata Bernard.

Sementara Kepala Bidang Kehutanan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Dirja Kusumah, mengutarakan Pemerintah, dalam hal ini Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta sangat mendukung kegiatan yang diinisiasi oleh PT Asianagro Agungjaya (Apical Group) tersebut.

“Pelestarian ekosistem hutan termasuk mangrove ini harus terus ditingkatkan karena memiliki kekayaan hayati yang banyak, serta potensi dalam ekosistem hutan mangrove itu sangat banyak yang dapat digali. Hutan mangrove juga memiliki peran yang penting terhadap perubahan iklim Indonesia. Oleh karena itu, kami sangat mendukung Apical Group melalui upaya dan kontribusinya dalam pelestarian mangrove khususnya di wilayah Jakarta. Semoga makin banyak perusahaan seperti Apical Group yang turut berkontribusi terhadap iklim Indonesia,” kata Dirja.

Dalam pelaksanaan penanamaan ribuan bibit mangrove ini, Apical Group dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta juga turut didukung oleh para anggota Pramuka Saka Wanabakti binaan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Di kesempatan yang sama, Apical Group turut menghadirkan olahan pangan dari mangrove jenis pidada (Sonneratia sp.) berupa sirup mangrove, dodol mangrove, serta keripik mangrove yang diproduksi dan dikelola oleh kelompok binaan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta. Kelompok binaan Pemerintah tersebut juga diberikan kesempatan untuk menjelaskan produk olahannya. Diharapkan masyarakat dapat mengetahui bahwa potensi mangrove tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan tapi juga bernilai ekonomis dan dapat diolah menjadi berbagai hal termasuk olahan pangan.(T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit