infosawit

Gugus Tugas Pengawalan Harga TBS Sawit Dibentuk, Ini Penanggungjawabnya!



foto: Caesare Fathurrahman/Sawitfest 2021
Gugus Tugas Pengawalan Harga TBS Sawit Dibentuk, Ini Penanggungjawabnya!

InfoSAWIT, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) secara resmi telah membentuk Gugus Tugas Pengawalan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Produksi Pekebun beberapa hari yang lalu.

Dari informasi yang diperoleh InfoSAWIT, Selasa (28/6/2022), dasar pembentukan Gugus Tugas ini adalah Surat Edaran Menteri Pertanian (Mentan) ke Surat Edaran Menteri Pertanian Nomor 112/KB.120/M/6/2022 Tanggal 9 Juni 2022 tentang Pengawalan harga TBS Kelapa Sawit Produksi Pekebun yang ditujukan ke semua Gubernur sentra perkebunan sawit.

Sebelum surat edaran dari Mentan Syahril Yasin Limpo itu terbit, sebelumnya sudah terbit surat Keputusan Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Nomor 135/KPTS/OT.050/6/2022 Tanggal 6 Juni 2022 tentang Gugus Tugas Monitoring Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit Produksi Pekebun.

Di surat keputusan Ditjenbun itu disebutkan dalam Gugus Tugas dibagi wilayah kerja dan siapa yang harus bertanggungjawab dalam proses monitoring. Berikut penanggungjawab untuk per wilayah yang telah dibagi dalam Gugus Tugas:

Penanggungjawab

Provinsi

Sekretaris  Ditjenbun                                                 

Lampung, Sumatera Barat

Direktur Tanaman Semusim dan Rempah                       

Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur

Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar                      

Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan

Direktur Perlindungan Perkebunan                                

Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung (Babel)

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil

Banten, Aceh, Kalimantan Tengah, Papua Barat, Jawa Barat

Direktur Perbenihan Perkebunan                                  

Bengkulu, Sulawesi Tengah

Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan                             

Sumatera Utara, Sumatera Selatan

Kepala BBPPTP Surabaya                                             

Kalimantan Utara

Kepala BBPPTP Ambon                                                 

Maluku, Papua

Kepala BBPPTP                                                            

Kalimantan Barat

 

Masih merujuk surat tersebut mencatat, tugas yang harus dilakukan semua anggota dan penanggungjawab dalam satuan Tugas tersebut setidaknya terdapat lima poin, diantaranya pertama, melakukan monitoring harga TBS produksi pekebun secara harian, baik di tingkat produsen, pengumpul, harga jual ke pabrik kelapa sawit (PKS), dan penetapan harga.

“Lalu, untuk tingkat kabupaten sentra sawit yang tidak ada petugas PIP maka menjadi tanggungjawab petugas PIPprovinsi untuk melaporkan perkembangan harga,” demikian catat surat eadaran tersebut.

Lantas, kedua, update serapan TBS sawit oleh PKS dan kondisi tangki timbun. Ketiga, update data PKS dan perizinan, keempat, sosialisasi  ke PKS untuk mendaftar di SIINAS (mengundang rapat semua PKS) di http://siinas.kemenperin.go.id dan SIMIRAH http://simirah.kemenperin.go.id, dan kelima, update edaran Gubernur dan tindak lanjut Surat Edaran Menteri. (T5)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit