infosawit

Petani Sawit Swadaya Mengadu ke Ombudsman RI, Terkait Harga TBS Sawit Rendah



Petani Sawit Swadaya Mengadu ke Ombudsman RI, Terkait Harga TBS Sawit Rendah

InfoSAWIT, JAKARTA - Soaduon sitorus (47), petani yang memiliki kebun sawit di Provinsi Riau, akhirnya sudah tidak tahan lagi melihat kejatuhan harga tandan buah segar (TBS) sawit produksi petani sawit swadaya dan mengadukan persoalan harga TBS sawit ke Ombudsman Republik Indonesia.

"Semalam (Selasa, 28/6/2022), saya secara resmi menyampaikan persoalan ini ke Pak Yeka, dan beliau telah memosting langsung pengaduan saya ke Ombudsmandi akun Twitter beliau," katanya melalui pesan singkat, kepada InfoSAWIT, Rabu (29/6/2022).

Yeka yang dimaksud adalah Yeka Hendra Fatika, salah satu komisioner Ombudsman RI. Dari akun Twitter @yekafatika terlihat Yeka Hendra Fatika dan Soaduon Sitorus berfoto bersama sambil memegang poster kecil bertuliskan "Harga TBS Rp 1.000/KG. #SELAMATKANPETANISAWIT"

Di akunnya tersebut Yeka menyebutkan Ombudsman menerima pengaduan dari masyarakat, baik secara banyak maupun sedikit.

"Pesan sahabat petani sawit kali ini, meminta pemerintah menyelematkan #petanisawit. Semoga bisa didengar Bapak Presiden @jokowi," kaya Yeka dalam kicauan di akun Twitternya tersebut.

Yeka juga memastikan di bulan Juli 2022 hasil tindakan korektif Ombudsman terkait polemik tata kelola minyak goreng sawit ini akan disampaikan ke publik.

"Di dalamnya ada langkah upaya pembelaan terhadap #petanisawit. Mohon doanya, semoga sesuai harapan sahabat petani sawit," kata Yea dalam kicauan berikutnya.

Pengaudan Soauduon Sitorus dan pernyataan Yeka Hendra fatika itu kemudian mendapatkan dukungan dari para netizen yang diperkirakan berporfesi sebagai petani sawit.

Di antaranya adalah Icank  Loebis, seorang petani sawit swadaya dari Kabupaten singkil, Provinsi Aceh. Melalui akun @LoebiezIcank, Ketua DPD Asosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE) Kabupaten  Singkil  menyampaikan doa."Semoga petani sawit bisa mengais rezeki di negeri sendiri," kata @LoebiezIcank.

Sementara akun @Wong_sawet berharap bantuan dari Presiden Jokowi dan OmbudsmanRI untuk membiayai pendidikan anak-anaknya. "Bantu, pak, harga sawit terjun bebas. Anak  sekolah terancam putus sekolah,jangan sampapi kami jadi begal untuk bertahan hidup," demikian kicauan @Wong_sawet. (T5)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit