infosawit

Wow, Harga Migor Sawit Curah Turun Drastis Jadi Rp 12.000/Kg



Dok. Istimewa/ Ilustrasi Migor Kemasan
Wow, Harga Migor Sawit Curah Turun Drastis Jadi Rp 12.000/Kg

InfoSAWIT, MEDAN - Pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng sawit curah adalah Rp 14.000 per liter dan Rp15.500 per kilogram. Berbagai keputusan pun telah dilakukan pemerintah agar harga migor bisa memenuhi HET, salah satunya adalah dengan melarang ekspor produk turunan sawit.

Dan untuk saat  ini, ekspor pun bisa dilakukan dengan berbagai syarat yang terkait kecukupan minyak goreng sawit curah. Lalu hasilnya bagaimana?

Nah, di banyak tempat di Provinsi Sumatera Utara, harga minyak goreng curah justru menunjukan tren yang cukup positif. "Di Sumut ada penurunan yang cukup tajam pada harga minyak goreng curah yang mencapai Rp 12.000 per Kg," kata Gunawan benjamin kepada InfoSAWIT, Jumat (1/7/2022).

Ia adalah pengamat sekaligus akademisi ekonomi di sejumlah kampus di Medan. Gunawan juga tercatat sebagai anggota dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional cabang Sumut.

Sebagai informasi, PIHPS adalah lembaga bentukan Bank Indonesia. PIHPS ini ada di berbagai daerah di Indonesia, seiring dengan keberadaan kantor BI. Fungsi PIHPS adalah memantau perkembangan harga pangan yang berkembang di masyarakat.

Gunawan Benjamin sendiri tidak asal cakap soal harga minyak goreng curah tersebut. Kata dia, temuan tersebut ada di sejumlah pedagang pengecer atau grosir di Desa Bangun Sari Baru, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

"Dan di sejumlah tempat lain di sekitar Kabupoaten Deli Serdang juga ditemukan ada minyak goreng sawit dijual dengan harga yang sama," kata Gunawan.

Nah, bBerkaca pada harga minyak goreng curah yang terjun bebas seperti itu, ia menilai ini menjadi peluang bagi harga minyak goreng sawit curah di kota Medan maupun di kota kota lain di Indonesia untuk berada dalam rentang harga sesuai HET.

"Situasi ini akan menjadikan harga minyak goreng sawit curah kian terbuka lebar untuk sesuai atau beda tipis dengan HET yang telah ditetapkan pemerintah," kata dia. (T5)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit