infosawit

Kebijakan DBH Sawit Ditunggu Pemprov Kaltim



Dok. Istimewa
Kebijakan DBH Sawit Ditunggu Pemprov Kaltim

InfoSAWIT, SAMARINDA - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi menyatakan, kebijkakan Dana Bagi Hasil (DBH) dari sektor kelapa sawit masih ditunggu Pemerintah Provinsi, apalagi kebijakan ini telah disepakati pemerintah pusat.

"Meski DBH sawit sedang digodok, sudah disepakati akan ada dana bagi hasil sawit," katanya, seperti dilansir Antara, Rabu (3/8/2022).

Lebih lanjut Ia mengatakan, Kaltim bersama sebagian besar daerah penghasil kelapa sawit berupaya memasukkan komoditas kelapa sawit dalam skema pemberian DBH dari pusat ke daerah.

Bahkan kata Hadi Mulyadi, pihaknya telah beberapa kali mengundang gubernur dari provinsi penghasil kelapa sawit lain untuk menggodok regulasi tersebut, lalu megusulkannya ke pusat

“Hingga saat ini DBH sawit tengah dibahas oleh pemerintah pusat. Dalam hal ini, Kaltim bersama daerah-daerah lain menunggu hasil keputusan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Pj Sekprov Kaltim Riza Indra Riadi menegaskan, pihaknya bakal memperjuangkan DBH sawit ke pusat.

Skema yang diajukan penambahan komponen kelapa sawit dalam DBH sumber daya alam (SDA) yang diambil dari dana bea keluar dan pungutan ekspor kelapa sawit dan turunannya.

Pemprov Kaltim mengusulkan alokasi 90 persen untuk daerah dengan pembagian untuk provinsi yang bersangkutan 35 persen, kabupaten/kota penghasil 45 persen, kabupaten/kota lainnya dalam provinsi 10 persen.

"Dana bagi hasil (DBH) perkebunan sawit masuk dalam arah kebijakan umum Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2023. Pemerintah pusat mengakomodasi usulan 22 daerah penghasil kelapa sawit Indonesia," tandas dia (T2).


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit