infosawit

Beli TBS Lebih Rendah, Apkasindo Protes PT WKP



Beli TBS Lebih Rendah, Apkasindo Protes PT  WKP

PENAJAM - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) di Penajam Paser memprotes terkait kebijakan pembelian harga tandan buah segar yang diambil PT Waru Kaltim Plantation (WKP).

Menurut Ketua DPD Apkasindo Penajem Paser Utara, Sunyoto, harga pemberlian TBS oleh PT WKP rata-rata Rp 1.270 - 1.300 per kilogram, padahal harga yang telah ditetapkan tim penetapan harga TBS Pemerintah setempat untuk tahun tanam termuda (umur 3 tahun) adalah Rp 1.485 per kilogram.

“Jadi sangat tidak masuk akal kalau rata-rata buah petani yang dibeli oleh PT WKP berasal dari tanaman berumur kurang dari tiga tahun.  Ini sangat kontras jika dibandingkan dengan harga pembelian pabrik kelapa sawit lain di dekatnya yang membeli TBS dengan harga yang jauh lebih baik yaitu Rp 1.490 hingga Rp 1.600, sehingga petani mitra PT WKP terpaksa pindah haluan supaya tidak terlalu merugi,” seperti ditulis Kaltim Post, Kamis (25/9/2014).

Lanjutnya Sunyoto menegaskan,  jika sampai penetapan harga periode berikutnya PT WKP maupun perusahaan lainnya tidak menaati Hasil Penetapan Harga TBS provinsi, pihaknya bermaksud melayangkan surat beserta bukti-bukti tertulis kepada Ketua Komisi ISPO untuk menyatakan keberatan atas sertifikasi ISPO yang diajukan perusahaan tersebut. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit