infosawit

Aktivitas Berlebihan Manusia, Ganggu Habitat Orangutan Di Lanskip Kutai



Aktivitas Berlebihan Manusia, Ganggu Habitat Orangutan Di Lanskip Kutai

SAMBOJA - Berubah fungsinya hutan di Lanskap Kutai, Kalimantan Timur, menjadi areal Hutan Tanaman Industri (HTI), pertambangan batubara, perkebunan kelapa sawit dan pemukiman menyebabkan terganggunya habitan orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus morio).

Oleh sebab itu, Menurut Dr. Yaya Rayadin, Pakar Orangutan dari Universitas Mulawarman, untuk mempertahankan dan menghubungkan habitatnya yang saat ini terfragmentasi oleh berbagai aktivitas manusia perlu dihubungkan kembali dengan membangun koridor.  

“Banyak areal bervegetasi di kebun sawit atau tambang yang terfragmentasi sehingga areal tersebut dapat menjadi jebakan satwa apabila tidak ada koridor yang menghubungkan areal-areal tersebut,” katanya seperti ditulis Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutan dalam situs resminya, belum lama ini.

Terkait permasalahan yang penting itu, tahun 2011 Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) telah memulai kegiatan penelitian pembangunan koridor orangutan yang dilaksanakan oleh tim penelitinya yaitu Dr. Wawan Gunawan, drh. Amir Ma’ruf, M.Hum, Mukhlisi, M.Si dan Tri Sayektiningsih, S.Hut.

Kajian sementara telah menghasilkan kriteria dalam menentukan keputusan kelayakan pembangunan koridor di suatu tempat dan kriteria desain pembangunan koridor. Peneliti pengelolaan kawasan, salah satu tim penelitinya, Wawan Gunawan, menyatakan bahwa kriteria ini merupakan hasil dari kristalisasi wawancara dengan para pakar orangutan, pakar kehutanan, pakar ekologi lansekap dan birokrat di jajaran Kementerian Kehutanan.

“Kriteria pembangunan koridor orangutan masih memerlukan pengujian di lapangan untuk menyempurnakan kriteria yang ada dan agar dapat diimplementasikan dengan mudah di lapangan,”

Menurut keterangan yang ada, tahun ini kegiatan kajian pengembangan koridor dilaksanakan di areal reklamasi tambang batubara PT. KPC Sangatta. Areal ini adalah bagian dari lanskap Kutai dan berada tidak jauh dari kawasan TN. Kutai. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit