infosawit

Analis : BK CPO 0% Tak Pengaruhi Pendapatan Emiten



Analis : BK CPO 0% Tak Pengaruhi Pendapatan Emiten

JAKARTA– Analis PT Sucorinvest Asset Management, Jemmy Paul,  mengungkapkan bebas pajak ekspor (BK) minyak sawit mentah (CPO) pada Oktober ini tidak terlalu berpengaruh pada pendapatan dan laba bersih emiten perkebunan kelapa sawit. Hal itu dikarenakan saat ini porsi ekspor emiten CPO di Indonesia hanya sedikit. PT Astra Argo Lestari Tbk (AALI) yang dahulu porsi ekspornya cukup besar saja sekarang makin mengecil karena banyak industri hilir CPO yang sudah mulai dibangun di Indonesia.

Iktikad baik pemerintah membangun industri hilir tersebut membuat banyak emiten CPO Indonesia yang ekspor ke luar negeri bisa membangun beberapa produk turunan langsung di Indonesia, dan itu bisa menambah nilai. “Jadi saya pikir tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kinerja emiten-emiten di Indonesia,” ujarnya kepada Koran Jakarta, Rabu (1/10).

Menurutnya, melihat perkembangan ekonomi Indonesia, saat ini penurunan tarif bea masuk akan lebih memengaruhi tren harga karena tidak ada lagi gap antara harga CPO di Indonesia dan harga CPO di luar, misalnya Malaysia. “Jadi, kalau kita masuk ke negara importir, mungkin harganya bisa kompetitif karena harganya bisa lebih murah karena tidak ada biaya keluar, dan mungkin harga jualnya bisa lebih bagus,” tambahnya.

Dia melanjutkan kalau harga CPO tetap, tidak akan berpengaruh pada pendapatan dan laba, terkecuali jika harga CPO-nya naik menjadi 2.400 sampai akhir tahun. Kalau seandainya itu terjadi, akan berpengaruh pada kuartal IV. “Kalau kuartal III harga CPO sudah turun banyak, yang paling tinggi 2.900 menjadi 1.900, maka penurunannya saja sudah hampir 50 persen,” jelasnya. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit