infosawit

Asian Agri Fasilitasi Amanah Lakukan Studi Banding



Asian Agri Fasilitasi Amanah Lakukan Studi Banding

INFO SAWIT, ASAHAN – Pada tanggal 28-30 September 2015 kemarin, perusahaan kelapa sawit Asian Agri memfasilitasi petani sawit binaannya yang berasal dari Desa Gonting Malaha Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan, Sumut untuk melakukan studi banding.

Sebanyak 21 orang petani dari 9 kelompok tani swadaya tersebut dibawa untuk mengunjungi kelompok petani sawit swadaya binaan Asian Agri yang sudah terlebih dahulu sukses dalam mengelola kebun sawitnya, yakni Asosiasi Petani Sawit Amanah berlokasi di Desa Srimulya Jaya Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan, Riau.

Asosiasi Petani Sawit Swadaya Amanah adalah petani swadaya pertama di Indonesia yang telah mendapatkan sertifikat RSPO. Selain itu, Asosiasi Petani Sawit Amanah juga sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan, diantaranya sebagai Kelompok Tani Terbaik di tahun 2013 dan mendapatkan CSR Award Tahun 2014.

Ketua Asosiasi Petani Swadaya Amanah, H Sunarno menyambut baik kedatangan rombongan petani swadaya Desa Gonting Malaha. Beliau menuturkan berbagai manfaat yang diterima kelompoknya sejak bermitra dengan Asian Agri.

“Dengan menjadi binaan Asian Agri, banyak manfaat yang diperoleh. Kami tidak lagi mengelola perkebunan sawit kami secara serampangan,” ujarnya seraya menambahkan, dengan adanya pembinaan dari perusahaan, kami mendapatkan pemahaman tentang tehnik budidaya sawit yang baik, sehingga hasil kebun meningkat tajam.

“Dulunya hanya 1,4 ton TBS/ton/ha, kini sudah mencapai 2ton TBS/ton/ha,” ungkapnya seperti ditulis ObrolanBisnis.

Disebutkannya, saat ini Asosiasi Petani Sawit Amanah memiliki 501 orang anggota dengan luas lahan lebih kurang 1.048 ha. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit