infosawit

Asian Agri Luncurkan Program One to One



Direktur Asian Agri, Freddy Widjaya (tengah) beserta petani plasma dan swadaya mitra perusahaan.
Asian Agri Luncurkan Program One to One

InfoSAWIT, JAKARTA - Asian Agri membantu kesejahteraan petani melalui pola kemitraan yang sedang dicanangkannya. Melalui program 'one to one' menargetkan kemitraannya dengan petani menyamai perkebunan yang dimilikinya yakni seluas inti 100.000 hektare (ha).

Direktur Asian Agri, Freddy Widjaya mengatakan, program yang dimulai sejak 2012 itu telah berhasil melakukan kemitraan dengan petani seluas 24 ribu ha hingga akhir 2016, dan di 2017 telah seluas 31 ribu ha yang tersebar di beberapa provinsi diantaranya Sumut, Riau, dan Jambi.

Freddy menambahkan, perluasan kemitraan itu difokus di wilayah Sumatera Utara. Namun, kemitraan bukan hanya dilakukan dengan menambah luasan areal, tetapi juga akan meningkatkan kualitas produksi petani mitra.

Lebih lanjut kata Freddy, untuk target kemitraan di 2018 harapannya bakal mencapai 40 ribu ha kemitraan swadaya dan 60 ribu kemitraan plasma. “JIka di tahun ini sudah mencapai 31 ribu ha kemitraan swadaya maka tinggal nambah 9 ribu ha di 2018,” katanya kepada InfoSAWIT.

Program one to one diakui Freddy, bukan sebagai program hit and run tetapi bakal menjadi upaya perusahaan dalam melakukan pembinaan terhadap petani utamanya petani swadaya dalam meningkatkan produktivitas kebun sawitnya . “Sebelumnya petani swadaya ini ada yang hanya kirim buah dan belum bermitraan maka untuk saat ini kami ajak bermitra,” katanya.

Dengan adanya program ini diharapkan keejahteraan petani bakal meningkat, pihak perusahaan mengklaim peningkatan itu bisa dilihat dari pendapatan petani yang mencapai lebih tinggi dari rata-rata pendapatan petani sawit pada umumnya. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit