infosawit

PTPN II di Arso Tami Bangkrut



PTPN II di Arso Tami Bangkrut

InfoSAWIT, JAYAPURA -  Ketua Komisi II DPR Papua yang membidangi perkebunan dan ekonomi, Deerd Tabuni mengatakan, sebanyak 20 karyawan perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II di Arso Tami, Kabupaten Keerom kehilangan pekerjaan, lantaran perusahaan tempat mereka bekerja, kini sedang kritis.

Katanya, perusahaan PTPN II yang beroperasi di Arso sejak 1992 itu, kini sedang merugi. Besarnya biaya pengeluaran tak sebanding dengan produksi sawit. Akibatnya, sudah hampir dua tahun perusahaan ini tidak beroperasi.

"PTPN II Arso memiliki karyawan 20 ribu orang. Kini mereka kehilangan pekerjaan, padahal mereka dan keluarga menggantungkan hidup pada perusahaan sawit itu," kata Deerd pekan lalu seperti dikutip tabloidjubi.com.

 

Menurutnya, ada wacana Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu dihibahkan kepada Pemprov Papua untuk dikelolah. Beberapa waktu lalu, Komisi II DPR Papua telah bertemu wakil bupati Keerom dan SKPD terkait membahas wacana itu.

 

"Ketika itu disepakati pembentukan tim gabungan. Tim ini akan berkoordinasi dengan Menteri BUMN di Jakarta, agar PTPN II Arso dihibahkan ke Pemprov Papua untuk dikelola," ujarnya.

 

Katanya, jika dihibahkan kepada Pemprov Papua, tentu pengelolaannya akan dikelola lebih baik dan 20 ribu karyawan bisa kembali bekerja. Hal ini sudah dilakukan di Papua Barat. Perusahaan sawit di Manokwari, pengelolaannya diserahkan ke Pemprov Papua Barat dan hasilnua bisa lebih baik lagi.

 

"Tugas kami membentuk tim gabungan mencari jalan keluar. Berkomunikasi dengan Menteri BUMN dan Komisi VI DPR RI agar aset itu dihibahkan kepada Pemprov Papua,” katanya. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit