infosawit

2,4 Juta Ha Sawit Rakyat Mesti Diremajakan



2,4 Juta Ha Sawit Rakyat Mesti Diremajakan

InfoSAWIT, JAKARTA - Kementerian Pertanian memperkirakan produksi benih kelapa sawit nasional pada tahun ini sebanyak 118,8 juta butir yang dipersiapkan untuk program peremajaan (replanting) perkebunan kelapa sawit seluas 633.000 hektare.

Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang, di Jakarta, belum lama ini menyatakan, tahun ini Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menargetkan peremajaan kelapa sawit 20.780 ha, sedangkan permintaan yang masuk ke Ditjebun 34.321 ha.

"Mulai sekarang harus dipersiapkan kebutuhan benih untuk tahun depan," katanya di Jakarta kepada awak media.

 

Menurut dia, dari 4,7 juta ha kebun kelapa sawit rakyat saat ini ada 2,4 juta ha wajib direplanting, bila target BPDPKS hanya 20.000 ha/tahun maka akan lama sekali selesainya. "Karena itu saya minta ke depan dana BPDPKS tahun depan ditargetkan 100.000 - 300.000 ha sehingga cepat selesai," ucapnya.

 

Saat ini alokasi dana untuk BPDPKS masih kecil dan dikesankan seolah-olah tidak mampu dicapai. BPDPKS masih fokus pada biodiesel. Saat ini harga CPO cenderung membaik sehingga alokasi untuk replanting diharapkan semakin meningkat. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit