infosawit

59% Mahasiswa Baru Instiper Minati Studi Sawit



59% Mahasiswa Baru Instiper Minati Studi Sawit

InfoSAWIT, SLEMAN – Rektor Instiper, Purwadi menyatakan, mahasiswa baru di 2017 mencapai 858 orang. Dari jumlah itu, ada 134 mahasiswa penerima beasiswa, terdiri atas 10 penerima bidik misi dan 124 penerima beasiswa ikatan dinas dari perusahaan dan pemerintah daerah. Beasiswa ikatan dinas dari Pemda itu berasal dari Kabupaten Bungo sebanyak 15 mahasiswa. Beasiswa ikatan dinas merupakan program baru di 2017, dan mahasiswanya dididik untuk menjadi Sarjana Perkebunan Kelapa Sawit.

“Ini merupakan terobosan pertamakalinya (beasiswa ikatan dinas). Ini upaya pengalihan pasar dari branding kami – beasiswa ke perusahaan menuju beasiswa Pemda,” ungkapnya, belum lama ini seperti ditulis Solopos.com.

 

Ia mengakui, tahun ini sebanyak 59% mahasiswa baru berminat studi berbasis kelapa sawit. Pihaknya juga mendapat kepercayaan untuk mendidik 200 mahasiswa jenjang diploma satu dengan beasiswa penuh dari Badan Pengelola Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS). Calon mahasiswa ini berasal dari anak petani perkebunan rakyat kelapa sawit.

 

“Program ini sejatinya sudah berlangsung lima tahun dan telah meluluskan 22 kelas, baik untuk calon mandor kebun maupun operator pabrik di perkebunan sawit,” tuturnya.

 

Lebih lanjut, tutur Purwadi, jumlah mahasiswa baru tersebut (858 orang) terbagi dalam 604 mahasiswa di Fakultas Pertanian dengan rincian program studi (Prodi) Agroteknologi berjumlah 424 dan prodi Agribisnis berjumlah 180 mahasiswa. Kemudian Fakultas Teknologi Pertanian menerima 148 mahasiswa, terdiri atas 15 orang di Prodi Teknik Pertanian dan 97 orang di Teknologi Hasil Pertanian. Sedangkan Fakultas Kehutanan pada prodi Kehutanan sebanyak 106 mahasiswa. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit