infosawit

9 Pelaku Panen Sawit di Bengalon Diamankan



9 Pelaku Panen Sawit di Bengalon Diamankan

InfoSAWIT, SANGATTA - Sembilan pelaku atau pemanen buah sawit8 ton di Kecamatan Bengalon diamankan Kepolisan Resot (Polres) Kutai Timur (Kutim). Pelaku yang diamankan merupakan warga transmigrasi dan warga Kecamatan Bengalon. "Mereka kami amankan terkait dengan pencurian sawit, sebanyak satu truk disalah satu perusahaan di wilayah Bengalon," ungkap Kapolres Kutim, Rino Eko saat dikomfirmasi, belum lama ini, seperti dikutip kliksangatta.com.

Dijelaskanya, dugaan pencurian sawit berawal dari status sengketa lahan yang dilakukan para pelaku dengan perusahan sawit tersebut.Dijelaskan pula, para pelaku tidak memiliki hak dalam melakukan pemanenan pada lahan 2 hektar yang menjadi status sengketa dengan perusahan.

 

"Mereka tidak memiliki hak, apalagi sudah diperkuat dengan sidang perdata. Karena tetap melakukan pemanenan maka kita mengambil tindakan. Mau gak mau. Laporan perusahanan, koperasi dan masyarakat sendiri sudah ada, " terangnya.

 

Diungkapkannya juga, dari sembilan orang yang diamankan, satu pelaku merupakan pengklaim lahan sedangkan delapan orang lainnya merupakan rekan dalam melakukan aksi pemanenan buah sawit. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit