infosawit

Pembangunan Kebun Sawit di Merauke Belum Ketemu Titik Terang



Pembangunan Kebun Sawit di Merauke Belum Ketemu Titik Terang

InfoSAWIT, JAKARTA - Beberapa waktu lalu, Bupati Merauke, Frederikus Gebze menggelar acara Stakeholder Meeting II mengenai Pembangunan Kebun dan Industri Kelapa Sawit di Merauke.

Saat itu, Bupati mengimbau sejumlah perusahaan agar segera membuka kebun masyarakat. Serta memberdayakan seluruh masyarakat sesuai ketentuan 20 persen pengelolaan hak ulayatnya.

Selain itu, Bupati juga menyesalkan ketidakhadiran sejumlah LSM asing pada pertemuan yang digagasnya tersebut. Salah satunya, Mighty Earth. Baik pada pertemuan pertama di Jakarta maupun kedua yang kali ini digelar di Merauke.

 

Bahkan, Gebze sempat berang saat dituding oleh LSM Mighty beberapa waktu lalu. Saat itu, forum disebut dianggap telah dimanipulasi. Bupati menegaskan, forum stakeholder itu digagas atas inisiatif pemerintah daerah. Khususnya, dengan beban anggaran di dalam APBD yang tidak mampu terus-menerus menanggung 500 ribu orang di tanah Merauke.

 

"Bukan berarti dengan adanya investasi berarti merusak dan tidak memperdulikan hutan kita ini. Kita tetap menjaga dengan ketentuan perundang-undangan yang ada. Baik melalui rencana tata ruang wilayah, tata ruang bangunan, flora dan fauna," paparnya dikutip RMOL. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit