infosawit

Hanya Sawit yang Masih Tumbuh, Komoditas Lainnya Anjlok



Hanya Sawit yang Masih Tumbuh, Komoditas Lainnya Anjlok

InfoSAWIT, JAKARTA Merujuk informasi dari  PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN), dalam 5 tahun terakhir, hanya produksi kelapa sawit yang mengalami pertumbuhan hingga 43%. Meski begitu, produksi sawit sempat mengalami penurunan dari 35,5 juta ton pada 2015 menjadi 34,5 juta ton pada 2016. Hal tersebut diakibatkan oleh El Nino yang terjadi pada 2015.

Sementara sejumlah produksi perkebunan nasional sudah mengalami penurunan produksi. Misalnya produksi kakao mengalami penurunan hingga 7,8%, teh sebesar 4,5%, sementara karet tumbuh sebesar 5,6%, dan kopi hanya tumbuh sekitar 0,1%.

 

Direktur Utama RPN, Teguh Wahyudi mengungkapkan, saat ini produksi kakao nasional dalam setahun hanya berkisar 550.000 hingga 600.000 ton. Produksi kopi pun hanya berkisar 600.000 ton dalam setahun.

 

Karyudi Direktur Pusat Penelitian Karet RPN menambahkan, produksi karet di Indonesia berkisar 3,2 juta per tahunnya dengan produksi rata-rata per hektar hanya berkisar 1,1 ton.

 

Untuk komoditas teh, Direktur Riset dan Pengembangan RPN Gede Wibawa mengatakan, bahwa terjadi tren penurunan produksi dan lahan untuk komoditas teh. Dia bilang, saat ini lahan kebun teh di Indonesia hanya berkisar 120.000 hektare, dengan tingkat produksi 1,5 ton per hektarenya. “Saat ini tren produksi teh memang mengalami penurunan. Lahannya pun semakin berkurang,” tutur Gede dikutip Kontan, belum lama ini. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit