infosawit

Gubernur Kalteng: Mensinergikan Alam dan Manusia



Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran
Gubernur Kalteng: Mensinergikan Alam dan Manusia

InfoSAWIT, PALANGKARAYA  - Pengembangan areal konservasi untuk individu orangutan di  Pulau Salat perlu diapresiasi, tutur Gubernur Kalimantan Tengah, Suganto Sabran, apa yang sudah dilakukan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk., anak usaha dari Citra Borneo Indah Group adalah langkah baik dalam melindungi habitat dilindungi seperti orangutan, lewat kegiatan pelepasliaran.

Ini juga menjadi bukti bahwa perusahaan perkebunan kelapa sawit tidak seperti yang ditudingkan, lantaran pada kenyataanya justru perusahaan perkebunan kelapa sawit berupaya melindungi habitat orangutan. “Kegiatan ini juga supaya pihak Uni Eropa tidak selalu menyerang kita dengan isu negatif,” katanya kepada InfoSAWIT.

Lebih lanjut tutr Sugianto, kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa antara alam dan manusia bisa tercipta keseimbangan. Alam bukan lagi hanya sekadar menjadi sumber penghidupan bagi manusia tetapi alam adalah kehidupan bagi manusia, artinya ada hubungan yang saling membutuhkan antara alam dan manusia. 

Kalau semua berjalan dengan baik, tutur Sugianto, maka keseimbangan antara manusia dan alam bisa terwujud. “Jangan memusuhi alam, ingat akan selalu ada hukum alam. Semoga yang telah dilakukan perusahaan bermanfaat bagi yang lain dan kedepannya bisa menjadi pusat ekowisata berbasis orangutan seperti Taman Nasional Tanjung Putting. Ini juga bisa mendorong sektor pariwisata di Provinsi Kalimantan Tengah,” katanya.

Diakui, untuk mewujudkan itu semua tidak mudah lantaran butuh waktu yang tidak pendek dan dana yang tidak sedikit, namun jika dilakukan maka semua akan berjalan dengan baik, lebih mudah dan cepat. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit