infosawit

Bupati Pulang Pisau: Memadukan Konservasi dan Pariwisata



Bupati Pulang Pisau, Edy Prawoto
Bupati Pulang Pisau: Memadukan Konservasi dan Pariwisata

InfoSAWIT, PULANG PISAU - Kabupaten Pulang Pisau memiliki luas areal 8.997 Km2 atau seluas 899,7 ribu ha, sekitar 5,85% dari total areal Kalimantan Tengah. Sebanyak 50% daratan di Pulang Pisau merupakan lahan gambut namun saat ini tidak untuk dikembangkan untuk areal perkebunan kelapa sawit, sebab rawan kebakaran.

Olehkarena itu guna mengantisipasi supaya tidak terjadi kebakaran lahan, pihak Pemkab mengajak para pelaku perkebunan kelapa sawit untuk menjaga  kelestarian lingkungan. “Misalnya dengan memanfaatkan ruang lahan untuk tempat orangutan. Seperti yang saat ini sedang dilakukan BOSF dengan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk.,” kata Bupati Pulang Pisau, Edy Prawoto, kepada InfoSAWIT.

Lebih lanjut tutur Edy, saat melakukan pelepasliaran orangutan pihaknya juga menyaksikan, dan areal tersebut memang dipersiapkan untuk orangutan baradaptasi sebelum akhirnya dilepas ke hutan. Untuk jangka panjang kedepan, selain areal tersebut (Pulau Salat) sebagai areal konservasi orangutan juga bisa menjadi objekwisata berbasis konservasi orangutan. “Sehingga jika ada orang yang tertarik melihat atau mempelajari tentang orangutan tidak mesti ke Taman Nasional Tanjung Puting, atau ke pusat rehabilitasi orangutan Nyaru Menteng, tetapi di Kabupaten Pulang Pisau pun bisa,”katanya. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit