infosawit

Memecah Bootle Necking, Pelepasliaran Orangutan



CEO Yayasan BOS, Jamartin Sihite
Memecah Bootle Necking, Pelepasliaran Orangutan

InfoSAWIT, PALANGKARAYA - Pulau Salat adalah pulau pra pelepas liaran. Dalam jangka panjang, pulau ini akan djadikan sanctuary, suaka buat orangutan yang tidak bisa dilepasliarkan, lantaran tidak mungkin dapat dikembalikan ke habitat alami akibat cacat yang diderita saat penangkapan atau pemeliharaan yang melanggar hukum

Saat ini banyak terjadi orangutan keluar dari habitatnya di hutan karena ada konversi hutan. Konversi hutan ini dilakukan bukan hanya dilakukan industri kelapa sawit, tetapi juga tambang dan sektor lainnya yang berbasis lahan.

Nah, ketika areal hutan sudah konversi, orangutan pun keluar mengungsi. “Kami ini Yayasan BOSF bergerak di ujungnya yakni melakukan perlindungan orangutan dan melakukan rehabilitas orangutan. Namun demikian kami tidak bangga menjadi yayasan orangutan dengan pusat rehabilitasi terbesar, sebab sejatinya kegiatan rehabilitasi dan konservasi orangutan harus dikurangi, jika terus bertambah berarti ada masalah kehutanan,” tutur CEO Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF), Jamartin Sihite, belum lama ini kepada InfoSAWIT

Lebih lanjut tutur Jamartin, pihaknya hanya melakukan pengamanan bagi orangutan yang sebelumnya jadi peliharaan manusia. Sayangnya saat dipelihara manusia, mereka dididik menjadi manusia bukan menjadi orangutan.

Sebab itu, tutur Jamartin, pihaknya kembai ajari orangutan untuk bisa hidup di alam liar, diajari panjat pohon, mengenali musuh atau cara memperoleh pakannya. Untuk menjadikan orangutan bisa hidup di hutan tidak mudah lantaran butuh waktu, sebab itu kami buat sekolah hutan, lantas dilanjut dengan proses pra pelepasliaran, semua itu butuh waktu sekitar 6 hinga 7 tahun.

Sayangnya, disaat orangutan yang masuk ke pusat rehabilitas terus bertambah justru areal untuk pelepasliaran semakin terbatas. “Ini jika tidak segera dicarikan solusinya maka akan menjadi masalah,” katanya.

Alasan ini pula yang kemudian kami berinisiatif untuk membuka areal pra pelepasliaran di Pulau Salat, termasuk mengajak PT SSMS Tbk., untuk menjadi bagian dari solusi ini, dan pihak perusahaan bersedia menjadi mitra. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit