infosawit

Haryanto Tedjawidjaja: Tidak Menyangka Berkarier di Sawit



Haryanto Tedjawidjaja: Tidak Menyangka Berkarier di Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Hidup ini ibarat putaran roda yang tiada henti terus berputar, nasib pun bisa mengikuti roda kehidupan kadang diatas terkadang ada dibawah. Bahkan hidup juga terkadang tidak bisa ditebak. Misalnya saja bagi yang menekuni pendidikan keteknikan, ada yang justru jadi pengusaha atau lebih sibuk mengembangkan bidang yang tidak sama dengan latar belakang pendidikan yang pernah ditempuhnya.

Rupanya kejadian tersebut juga mirip seperti yang  dialami Haryanto Tedjawidjaja. Sebelumnya cerita Haryanto, dirinya tidak ada niatan masuk dan berkarir di sektor perkebunan kelapa sawit, apalagi sampai memiliki latar belakang pendidikan sektor kelapa sawit.

Sebab, nyatanya Haryanto justru memiliki latar belakang pendidikan bidang ekonomi sebagai akuntan, dan sesuai dengan latar belakang pendidikannya, dia pun selepas lulus kuliah langsung terjun menekuni karir sebagai akuntan, dan sekitar tahun 1982 Haryanto telah berkarir di Drs. Hadi Sutanto & Co., koresponden dari Price Waterhouse & Co.  “Saya sebenarnya tidak memiliki beckground di sektor kelapa sawit,”katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini di Jakarta.

Saat melakoni jadi akuntan inilah, untuk pertama kalinya Haryanto mengenal industri kelapa sawit nasional lebih dekat. Saat itu papar Haryanto, dirinya menjadi salah satu akuntan publik untuk perusahaan PT PP London Sumatra sekitar tahun 1987 an.

Dari sinilah, Haryanto pun mulai mengikuti seluk beluk industri kelapa sawit. Mulai penghitungan cara menanam hingga berhadapan langsung dengan orangutan di sekitar Taman Nasional Gunung Lauser. “Saya sampai tahu orangutan dan melihatnya sendiri saat melakukan audit perusahaan sawit itu,” katanya. (T2)

Lebih lengkap baca InfoSAWIT Edisi Juli 2017


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit