infosawit

Komitmen Pelaku Sawit Disampaikan di Forum PBB



Komitmen Pelaku Sawit Disampaikan di Forum PBB

InfoSAWIT, JAKARTA– Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi tentang perkembangan sektor kelapa sawit Indonesia di forum resmi di Markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat (AS). Ketua Umum GAPKI, Joko Supriyono dijadwalkan menjadi pembicara pada 6 September mendatang untuk menjelaskan sikap dan posisi dunia usaha terkait isu-isu keberlanjutan di sektor pendulang devisa negara terbesar tersebut.

“Selain berbicara secara resmi di PBB, kami juga akan melakukan sejumlah informal meeting dengan para pemangku kepentingan selama kunjungan ke Amerika Serikat ini,” kata Joko melalui keterangan tertulisnya di Jakarta pekan lalu.

 

Kehadiran GAPKI dalam pertemuan tingkat tinggi di PBB ini atas undangan Program Pembangunan PBB (UNDP) yang menggagas diskusi tentang isu keberlanjutan di sejumlah sektor ekonomi di negara berkembang. UNDP juga mengundang perwakilan pemerintah Republik Indonesia dalam forum tersebut.

 

Selain Indonesia, juga ada perwakilan pemerintah dan dunia usaha dari Brazil dan Liberia. Joko mengatakan, dengan sumbangan devisa mencapai 18,5 miliar dollar AS atau sekitar 240 triliun rupiah, kelapa sawit menjadi sektor strategis Indonesia. Selain itu, sektor kelapa sawit menyerap lebih dari 5 juta tenaga kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah pinggiran. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit