infosawit

Indonesia Ajak Kostarika Gabung ke CPOPC



Indonesia Ajak Kostarika Gabung ke CPOPC

InfoSAWIT, JAKARTA - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Kosta Rika, Manuel Gonzalez Sanz untuk membahas berbagai upaya penguatan hubungan kedua negara.

"Ini merupakan kunjungan pertama bagi Menteri Luar Negeri Kosta Rika di Jakarta. Tahun ini kita memperingati 32 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kosta Rika," kata Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri di Jakarta belum lama ini, seperti dikutip dari beritasatu.com.

Dalam pertemuan bilateral itu, kedua menteri membahas kerja sama Indonesia dan Kosta Rika di berbagai bidang, termasuk perdagangan.

 

"Kami membahas prioritas kerja sama di bidang perdagangan. Volume perdagangan antaredua negara masih belum tinggi, namun ada tren kenaikan. Pada 2016, nilai perdagangan kedua negara meningkat 97 persen dibanding dengan tahun sebelumnya," ujar Menteri Retno.

 

Menurutnya, tren positif dalam perdagangan kedua negara akan terus ditingkatkan melalui pemanfaatan posisi Kosta Rika sebagai pintu masuk bagi pasar Amerika Tengah.

 

Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Kosta Rika meningkat hampir dua kali lipat pada 2016 menjadi US$ 59,6 juta dibandingkan pada 2015 yang hanya mencapai US$ 30,2 juta.

 

Sebagai sesama negara penghasil sawit, Menteri Retno mengajak Kosta Rika bergabung dalam inisiatif Negara-negara Penghasil Minyak Sawit (the Council of Palm Oil Producing Countries/CPOPC) untuk bersama-sama mempromosikan industri kelapa sawit yang lestari. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit