infosawit

Dow dan Dupont Resmi Merger



InfoSAWIT, JAKARTA – DowDuPont™ (NYSE:DWDP) belum lama  ini mengumumkan keberhasilannya dalam menyelesaikan merger setara,antara The Dow Chemical Company (“Dow”) dan E.I. du Pont de Nemours & Company (“DuPont”). Dan efektif pada tanggal 31 Agustus 2017 lalu. Gabungan perusahaan kini beroperasi sebagai perusahaan induk dengan nama “DowDuPont™” yang memiliki tiga divisi, yaitu Pertanian, Materials Science, dan Specialty Products.

Saham DuPont dan Dow berhenti diperdagangangkan saat penutupan di New York Stock Exchange (NYSE) pada 31 Agustus 2017. Terhitung hari ini, saham DowDuPont akan diperdagangkan di NYSE dengan kode saham “DWDP.”  Sesuai dengan kesepakatan merger, para pemegang saham Dow menerima fixed exchange ratio sebesar 1.00 saham DowDuPont untuk setiap saham Dow, sementara para pemegang saham DuPont menerima fixed exchange ratio sebesar  1.282 saham DowDuPont untuk setiap saham DuPont. 

Dikatakan Executive Chairman DowDuPont, Andrew Liveris, ini menjadi perjalanan sejarah besar bagi kedua perusahaan. Saat ini tercatat kedua perusahaan telah  menyelesaikan merger transformasional ini dan selanjutnya akan membentuk tiga perusahaan yang diperdagangkan secara publik, yang menjadi pemimpin dalam  industri ini. “Tim kami telah bekerjasama selama lebih dari setahun merencanakan integrasi, dan – hari ini – kami akan mulai mengeksekusi rencana integrasi tersebut dengan tujuan menyelesaikan pemisahan perusahaan sesegera mungkin,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT.

 

Sementara itu Chief Executive Officer DowDuPont, Ed Breen, mengatakan, bagi para pemegang saham, pelanggan, dan karyawan, penutupan transaksi ini merupakan langkah definitif untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi  dan kesempatan yang lebih besar menuju suatu masa depan yang dibangun pada inovasi dan pertumbuhan yang berkelanjutan. “DowDuPont merupakan landasan pacu untuk tiga perusahaan kuat yang telah direncanakan, yang akan memiliki posisi lebih baik untuk menginvestasi ulang sains dan inovasi, membantu memecahkan tantangan pelanggan yang senantiasa mengalami perubahan, dan menghasilkan keuntungan jangka panjang bagi para pemegang saham,” kata Breen.

 

Dengan selesainya merger ini,  fokus perusahaan adalah menyelesaikan struktur organisasi yang akan menjadi pondasi dari ketiga perusahaan kuat yang telah direncanakan tersebut dan bersinergi untuk merealisasikan nilai-nilai perusahaan. Dengan fokus yang jelas,  visibilitas pasar dan R&D yang lebih produktif, masing-masing perusahaan hasil pemisahan akan memiliki kelengkapan untuk berhasil dalam kompetisi sebagai pemimpin dalam industri kami. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit