infosawit

Ukindo Jual Listrik Ke PLN



Ukindo Jual Listrik Ke PLN

InfoSAWIT, BINJAI - PT United Kingdom Indonesia (Ukindo) Plantation yang bergerak di bisnis perkebunan sawit mampu menghasilkan listrik dari limbah mereka.

Bahkan, perusaahan yang berada di bawah naungan PT Anglo Eastern Plantation (AEP) itu mampu menjual listrik mereka ke PT PLN.

"Karena kita surplus maka listrik kita jual ke PLN. Dan listrik dari PLN mengalir ke perusahaan kita," kata Tranining Offficer PT Anglo Eastern Plantion Management Indonesia, Kiswo, belum lama ini di Desa Blangkahan, Langkat kutip Tribun-medan.com.

 

Kiswo mengatakan listrik yang mereka hasilkan berasal dari energi yang terbaharukan lewat limbah cair yang menghasikan gas metan. "Proses produksi sawit menghasilkan limbah cair yang mengandung gas metan. Gas Metan ini yang memutar turbin dan menghasilkan listrik," katanya pada kegiatan praktek pelatihan editor Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

 

Dengan luas lahan kebun sawit yang mencapai lebih dari 900 hektar, PT AES mampu menghasilkan listrik sebesar 1 Megawatt (MW).  "Kami menggunakan 0,2 MW sedangkan sisanya kami jual ke PLN," katanya. Dia mengatakan pemanfaatan limbah cair adalah untuk mengurangi efek gas rumah kaca sesuai dengan standard ISPO. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit