infosawit

Pabrik Pelumas Berbasis CPO Bakal Di Bangun



Pabrik Pelumas Berbasis CPO Bakal Di Bangun

InfoSAWIT, DUMAI - Kementerian Perindustrian mengatakan, terdapat satu perusahaan yang berminat untuk mengembangkan minyak pelumas berbasis minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO). Perusahaan ini disebut akan membangun basis produksinya di Batam.

Sayang, Direktur Jenderal Agro Kemenperin Panggah Susanto enggan menyebut nama perusahaan atau nilai investasi yang akan digelontorkan oleh perusahaan .tersebut. “Rencananya akan ada yang mengembangkan, lokasinya di Batam,” ujar Panggah singkat ditemui di Dumai, Riau, pecan lalu dikutip cnn indonesia.

 

Ia melanjutkan, pengembangan ini tentunya akan menambah jumlah varian poduk derivatif kelapa sawit yang saat ini berjumlah lebih dari 150 jenis. Adapun menurutnya, tren variasi produk turunan dari kelapa sawit memang meningkat sejak hiliriasi kelapa sawit digalakkan pada 2011 lalu.

 

Sekadar informasi, penguatan investasi di sektor hilir kelapa sawit di tahun 2011 dimulai dengan pengurangan pajak penghasilan untuk industri hilir kelapa sawit melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2011 dan pemberian insentif libur pajak (tax holiday) melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 130 Tahun 2011. Di samping itu, pemerintah juga memberlakukan bea keluar secara progresif di tahun yang sama. “Jumlah variasi produk derivatif kelapa sawit saat ini sudah cukup banyak, berbeda dengan tahun 2011 yang hanya 50-an produk,” paparnya. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit