infosawit

Pabrik Sawit di Kalimantan Timur Terdapat 75 Unit



Pabrik Sawit di Kalimantan Timur Terdapat 75 Unit

InfoSAWIT, SAMARINDA- Sepanjang 2017, Pemprov Kaltim sudah mendirikan 17 pabrik pengolahan kelapa sawit. Jika ditotal sudah ada 75 unit pabrik pengolahan dengan kapasitas olah sebesar 4.170 ton tandan buah segar (TBS) per jam. Adapun kapasitas terpakai mencapai 3.775 ton TBS per jam.

“Sehingga, nantinya ada 92 pabrik pengolahan di Kaltim. Saat ini lokasi pengolahan kelapa sawit tersebar di Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara (PPU), Kutai Timur (Kutim), Berau, dan Kutai Kartanegara (Kukar),” jelas Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad dikutip klikkaltim.com.

Menurutnya, pengembangan industri kelapa sawit dapat mendorong pertumbuhan perekonomian Kaltim yang selama ini masih bergantung pada komoditas unggulannya, yakni batu bara.

Pemprov sendiri menargetkan luasan areal dan produksi kelapa sawit dapat mencapai 1,6 juta hektare pada tahun depan, dengan produksi mencapai 18 juta ton TBS.

Saat ini, luasan perkebunan kelapa sawit di Kaltim mencapai 1,19 juta hektare dengan produksi mencapai 14,58 juta ton TBS. Jumlah produksi itu setara dengan 3,2 juta ton crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah.

“Dengan melibatkan 306.644 pekebun. Keberhasilan program ini dapat meningkatkan perekonomian Kaltim,” sambung Ujang. (T3)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit