infosawit

Diduga Lahan Duta Palma Belum Miliki HGU



Diduga Lahan Duta Palma Belum Miliki HGU

InfoSAWIT, PEKANBARU Merujuk informasi dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Independen Pembawa Suara Pemberantas Korupsi, Kolusi, dan Kriminal Ekonomi (IPSPK3) Mora, menyebutkan ada beberapa perusahaan belum memiliki Hak Guna Usaha (HGU) serta izin pelepasan hutan dari MenLHK. Sebab itu muncul desakan kepada Duta Palma Group melakukan pengurusan izin, dan hal ini tengah menjadi sorotan tajam di tengah masyarakat. Munculnya dugaan itu setelah pihak IPSPK3 melakukan investigasi.

"Ada diperkirakan jumlah lahan dikuasai PT Duta Palma Gorup lebih kurang 40.000 hektar tersebar di Riau. Organisasi lingkungan kami memperoleh masukan bahwa perusahaan ini memiliki sebahagian lahan (18.000 ha), perusahaan ini diduga belum memiliki Hak Guna Usaha (HGU) serta izin pelepasan hutan dari MenLHK," kata Ganda beberapa waktu lalu seperti dikutip Okeonline.com.

 

Dia menjelaskan saat ini ada 4 perusahaan group Duta Palma (PT Panca Agro Lestari, Palma 1, Banyu Bening Utama, Siberida Subur) yang memiliki lokasi kebun sawit di Desa Pesaguhan, Sibrida, Inhu yang hanya memiliki izin usaha perkebunan dari bupati.

 

"Perusahaan itu sudah membangun Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dan telah panen. Tetapi sekitar 18.000 ha tak memiliki HGU melainkan hanya memiliki IUP dan tak memiliki surat izin pelepasan hutan dari KLHK," Jelasnya.

 

Dia menduga perusahaan tak bayar pajak PBHTB, PPh, PPn, retribusi diatas dan bawah permukaan tanah serta kerugian negara dari sektor pajak (IUPHK) atas tegakan hutan yang ditumbang group Duta Palma.

 

IPSPK3 ini juga menyebutkan perusahaan skala besar itu tidak memiliki izin koridor penggalian parit, membangun listrik non PLN skala besar dan perusahaan selalu berbenturan dengan masyarakat tempatan

 

Sementara Wakil Direktur PT Duta Palma, Anto Wetan dikonfirmasi lewat ponselnya belum mau berkomentar. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit