infosawit

7 Hektar Lahan Sawit Warga Terbakar



7 Hektar Lahan Sawit Warga Terbakar

InfoSAWIT, TANA PASER - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menghanguskan 7 hektare (ha) kebun sawit masyarakat Desa Saing Prupuk, Kecamatan Batu Engau.

Padahal kebun yang terbakar itu menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paser Edwar Effendi, berdampingan dengan kebun PTPN XIII.

Sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat, PTPN XIII seharusnya membantu memadamkan kebakaran tersebut. “Kasihan warga, kebunnya hangus terbakar, PTPN XIII tidak membantu. Bukan mitra pun harus dibantu, apalagi kalau kebun warga merupakan binaan PTPN XIII,” kata Edwar, dikutip Tribun.

 

Lebih lanjut kata dia, kejadiannya hari Rabu tanggal 20 September, waktu itu saya ikut Rapat Paripurna di DPRD Paser. Begitu rapat selesai, langsung dapat kabar dari kantor, tidak sempat ganti baju untuk menuju kesana.

 

BPBD tidak memiliki peralatan pemadaman tapi memiliki peralatan pertolongan. Saat ditanya menggunakan apa BPBD untuk memadamkan api? Edwar mengatakan BPBD masih punya truk tangki dan mesin pompa, yang dikerahkan untuk membantu warga.

“Seadanya yang kita punya dikerahkan untuk memadamkan. Tergantung niatnya saja, kalau niatnya membantu, pasti sampai kesana," kata Edwar. (T3)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit