infosawit

Gara-Gara Jalan Rusak, Pemda Bakal Terbitkan Pengaturan Angkutan di Jalan Umum



InfoSAWIT, TANJUNG SELOR - Sejumlah titik di sepanjang jalan trans Kaltara khususnya di sisi Tanjung Selor-Tanjung Palas, sudah mulai rusak. Padahal, jalan ini tergolong masih sangat baru. Nampak, sudah ada lebih dari 5 titik yang ditambal. Sehari-hari, jalan yang kini menjadi akses utama menuju Kabupaten Tana Tidung (KTT) hingga Kabupaten Malinau ini juga kerap dilintasi truk-truk besar, terutama pengangkut biji kelapa sawit.

Kerusakan jalan ini, mendapat perhatian serius dari Ketua DPRD Kabupaten Bulungan, Syarwani. Jalan yang sudah terbangun ini, menurutnya memang bukan didesain untuk menahan kendaraan-kendaran berat. Jika dipaksakan, maka tentunya akan mempercepat kerusakan jalan. "Pasti berkontribusi terhadap kerusakan jalan," ujarnya ditulis tribunkaltim.co.

 

Kedepannya, solusi terbaik untuk mengatasi persoalan ini adalah membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang pengaturan angkutan perusahaan di jalan-jalan umum. Perda seperti ini sudah ada di Provinsi Kaltim.

 

Namun lagi-lagi, kata Syarwani, kalaupun nantinya ada Perda, penertiban masih menemui sejumlah kendala. Salah satunya, tidak adanya jembatan timbang yang bisa digunakan untuk mengukur muatan yang diangkut masing-masing kendaraan. Masalah pembangunan jembatan timbang ini juga menurutnya harus mendapat perhatian khusus.

 

"Sekalipun perangkat hukumnya ada, tapi kalau nggak fasilitas, sulit juga. Jadi kalau ada jembatan timbang, dan muatanya lebih, harus dikurangi sesuai kemampuan jalan. Ini akan mengurangi kerusakan jalan," tandas dia. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit