infosawit

DPRD Kaltara Minta Pelaku Usaha Peduli Masyarakat Sekitar



InfoSAWIT, TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Kaltara Abdul Djalil Fatah mewanti-wanti perusahaan yang beroperasi di provinsi ke-34 ini, untuk ikut berkontribusi terhadap daerah dan masyarakat.

Karena dirinya melihat masih banyak perusahaan yang seolah tidak peduli. Misal, kata dia, perusahaan perkebunan kelapa sawit dalam merealisasikan kebun plasma untuk masyarakat. Padahal, lanjutnya, merupakan kewajiban perusahaan membangun kebun plasma.

Selain itu, dia juga melihat banyak perusahaan yang berinvestasi di provinsi bungsu ini belum ke arah produksi hilirisasi. Seperti perusahaan perkebunan kelapa sawit, menurutnya, jangankan mengembangkan produk hilirisasi, membangun pabrik pengolahan buah kelapa sawit pun baru beberapa perusahaan yang merealisasi.

Padahal, kata politisi Golkar ini, banyak produk turunan yang bisa dihasilkan dari kelapa sawit. “Misal, untuk minyak goreng, sabun, parfum dan lain-lain. Begitu juga sektor perikanan. Sejauh ini pengusaha hanya mengeskpor hasil perikanan. Padahal di sini pun bisa didirikan hilirisasinya, yaitu pabrik pengalengan ikan,” ulasnya kutip prokal.co.

Dengan begitu, lanjutnya, dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kaltara. “Jadi, perusahaan jangan hanya mengeruk kekayaan SDA (sumberdaya alam) kita aja. Tapi tidak berkontribusi kepada daerah maupun masyarakat,” tandas dia. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit