infosawit

Program Replanting Oktober Diresmikan, Berawal dari Sumsel



Program Replanting Oktober Diresmikan, Berawal dari Sumsel

InfoSAWIT, JAKARTA  - Menko Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan program peremajaan alias replanting perkebunan kelapa sawit siap direalisasikan mulai bulan ini mengingat sebagian lahan telah terverifikasi.

Kabar baik bagi petani itu dikemukakannya saat menghadiri Rakornas Kamar Dagang dan Industri (Kadin), belum lama ini. Menurut dia, sekitar 4.800 hektare kebun sawit di Kabupaten Musi Banyuasin telah diverifikasi oleh pemerintah pusat bersama Gubernur Sumatra Selatan dan Bupati setempat.

"Mudah-miudahan 10 hari dari sekarang [program replanting] akan di-launch [diluncurkan]," kata Darmi seperti ditulis Bisnis.com.

Setelah Musi Banyuasin di Sumsel, Darmin mengatakan program akan dilanjutkan di Sumatra Utara, Riau, dan Jambi.

Saat dimintai konfirmasi, Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Dono Boestami menyebutkan, dari 4.800 ha, sesungguhnya baru 2.800 ha yang terverifikasi. BPDP Sawit merupakan badan layanan umum (BLU) yang akan mengucurkan dana replanting dari hasil penghimpunan dana ekspor sawit. "Sisanya masih dalam proses," katanya seraya menambahkan sisa 2.000 ha itu sebenarnya sudah berstatus sertifikat hak milik (SHM). (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit