infosawit

Kaltim Stop Pemberian Izin Sawit



Kaltim Stop Pemberian Izin Sawit

InfoSAWIT, BALIKPAPAN - Pemprov Kalimantan Timur berkomitmen melakukan moratorium penerbitan izin perkebunan kelapa sawit di seluruh kota/kabupaten di wilayahnya. Moratorium penerbitan izin perkebunan guna menjaga kelestarian hutan primer yang tersisa di Berau, Kutai Timur, Kutai Barat dan Balikpapan.

"Kami sudah melakukan moratorium penerbitan semua izin perkebunan Kaltim," kata Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, minggu lalu.

Awang mengatakan, Kaltim terlanjur menerbitkan izin perkebunan sawit seluas 1,3 juta hektare di kota/kabupaten setempat dari target 2 juta hektare sebagai kompensasi untuk menggantikan eksploitasi migas. Namun, kebijakan itu nyatanya menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan di Kaltim beberapa tahun belakang.

"Pusat juga meminta dilakukan moratorium segala izin pertambangan dan perkebunan," ucapnya.

Apalagi, Pemprov Kaltim kini aktif pula dalam pengurangan emisi karbon lewat skema reducing emissions from deforestation and forest degradation (REDD). Terdapat lima kampung di Berau peroleh hak pengelolaan hutan desa, yakni Merabu, Long Ayap, Punan Segah, Biatan Ilir dan Dumaring.

"Hutan di Berau menjadi salah satu hutan primer yang diproyeksikan turut mengurangi emisi gas karbon dunia dalam skema REDD Plus," kata Awang kutip Liputan6.com.

Perkebunan kelapa sawit kerap dituding menjadi penyebab kerusakan lingkungan serta kebakaran hutan. Namun, Awang tidak memungkiri ketergantungan perekonomian masyarakat Kaltim berkat perkebunan sawit.

"Terdapat 1,2 juta orang yang menggantungkan hidupnya di industri sawit Kaltim," kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad.

Ujang menambahkan, pertumbuhan perkebunan sawit Kaltim mencapai 7,7 persen per tahun dari total sudah ada saat ini. Menurutnya, industri perkebunan sawit menjadi masa depan tumpuan perekonomian Kaltim yang tidak lagi mengandalkan batu bara dan migas. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit