infosawit

Persetujuan ISPO Bakal Didelegasikan ke Lembaga Sertifikasi



Kepala Sekretariat Komisi ISPO, Azis Hidayat
Persetujuan ISPO Bakal Didelegasikan ke Lembaga Sertifikasi

InfoSAWIT, JAKARTA – Hingga saat ini kebijakan praktik budidaya kelapa sawit sesuai kaidah lingkungan yang populer i sebut Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO), masih dalam proses penguatan.

Masukan dan kritikan pun jadi catatan, sosialisasi penguatan ISPO pun telah dilakukan  di Pekanbaru (Riau), Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Palu (Sulawesi) dan Sorong (Papua). Hasilnya kata Kepala Sekretariat Komisi ISPO, Azis Hidayat,  salah satunya penguatan kelembagaan ISPO, dengan mengusulkan Ketua Komisis ISPO bakal diduduki Menteri Pertanian, sementara anggotanya selevel dengan Direktur Jenderal, dari berbagai kementerain terkait.

Lantas, bakal ada penyederhaan atas Prinsip dan Kriteria ISPO, bila sebelumnya ada tim verifikasi dari Komisi ISPO untuk menentukan satu perusahaan perkebunan kelapa sawit mendapatkan sertifikat ISPO atau tidak, maka proses penentuan itu bakal didelegasikan ke Lembaga Sertifikasi ISPO. “Jadi Komisi ISPO hanya mengawasi dan memonitoring saja,” tutur Azis kepada InfoSAWIT belum lama ini di Jakarta. (T2)  


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit