infosawit

Pemprov Kaltim Bakal Buat Perda Larangan Ekspor Sawit



Pemprov Kaltim Bakal Buat Perda Larangan Ekspor Sawit

MALOY – Gubernur Kalimantan Timur Awnag Faroek Ishak, mengatakan Pemprov setempat akan segera membuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur larangan perusahaan kelapa sawit mengekspor minyak sawit (CPO) ke luar negeri.

Menurutnya, langkah ini sejalan dengan rencana pemerintah  mengusulkan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Trans Kalimantan Economic Zone (MTKEZ).

Dengan luasan mencapai 32.800 hektare, MTKEZ yang merupakan salah satu lokus pembangunan Koridor Ekonomi Kalimantan dalam Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) menjadi bagian dari postur konektivitas nasional guna memaksimalkan pertumbuhan daerah. 

"Kawasan ini akan menjadi pusat pertumbuhan industri perkebunan serta pengembangan hilirisasi kelapa sawit dan lainnya. Karena itu, pengembangan kawasan ini perlu dukungan semua pihak. Kita akan segera membuat Perda untuk melarang ekspor minyak sawit mentah atau CPO. Semua harus diolah menjadi produk turunan di kawasan industri Maloy," katanya, seperti yang ditulis portal resmi Pemprov Kaltim, Kamis (18/9/2014). (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit