infosawit

Presiden Jokowi Resmi Luncurkan Program Peremajaan Sawit



Jokowi resmikan peremajaan sawit rakyat, di Desa Panca Tunggal, Kec. Sungai Lilin, Kab. Musi Banyuasin, Sumsel
Presiden Jokowi Resmi Luncurkan Program Peremajaan Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Industri Kelapa sawit merupakan industri stategis nasional yang menjadi penopang devisa Negara (sebesar US$ 16,94 miliar atau setara 227 triliun), Pengusahaan kelapa sawit saat ini menyerap lebih dari 8,2 juta orang yang terdiri dari (tenaga kerja sawit rakyat, karyawan perusahaan perkebunan, tenaga kerja supplier), penyedia bahan pangan, penyedia bahan baku energi nabati dan pendorong pengembangan wilayah. Luas perkebunan kelapa sawit saat ini seluas 11,91 juta hektar dengan produksi sebesar 33,22 juta ton dengan luas perkebunan kelapa sawit rakyat seluas 4,65 juta ha dengan produksi sebesar 10,86 juta ton.

Produktivitas kelapa sawit Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan potensi. Saat ini produktivitas kelapa sawit indonesia hanya 3,7 ton/ha/tahun dimana potensi dapat mencapai 8 ton/ha/tahun. Faktor utama rendahnya produktivitas kelapa sawit indonesia adalah kondisi pertanaman kelapa sawit khususnya rakyat yang sudah tua dan rusak serta penggunaan benih yang sebagian petani belum menggunakan benih unggul bersertifikat. Oleh karena itu perlu dilakukan peremajaan tanaman kelapa sawit seluas kurang lebih 2,4 juta ha.

Untuk mendukung pelaksanaan peremajaan kebun kelapa sawit pekebun, pemerintah telah menghimpun dana pungutan ekspor CPO yang dikelola oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) serta didukung oleh kredit dari perbankan.

Dikatakan Presiden RI Joko Widodo, peremajaan kebun kelapa sawit pekebun akan dilaksanakan di seluruh provinsi penghasil kelapa sawit yang akan dilaksanakan secara bertahap.”Peremajaan ini berawal dari Sumatera Selatan, lantas di lanjut ke Sumatera Utara, Jambi dan ke Riau,” katanya saat meresmikan permulaan peremajaan sawit rakyat pada Jumat (13/10) di Musi Banyuasin dihadiri InfoSAWIT. 

Merujuk informasi dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), saat ini telah disetujui pemberian dana bantuan peremajaan kelapa sawit untuk 4 (empat) Koperasi dari Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan seluas 2.834 Ha dengan 1.308 KK, dimana Koperasi Unit Desa (KUD) Mukti Jaya seluas 2.030 Ha; KUD Sumber Jaya Lestari seluas 160 Ha; Koperasi Produsen Kelapa Sawit (KPKS) Tribakti Sentosa seluas 216 Ha; KPKS Suka Makmur seluas 428 Ha.(T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit