infosawit

Tenaga Kerja Asing di PT SAL Langgar Regulasi



InfoSAWIT, PEKANBARU - Kepala Bidang Pengawasan, Dinas Tenaga Kerja, Provinsi Riau, Harlen Naibaho, mengatakan, tenaga kerja asing yang dipekerjakan PT Sekarbumi Alam Lestari (SAL) , terbukti telah melanggar Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Tenaga kerja asing bernama Thomas Thomas itu menduduki jabatan penting di perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kampar tersebut.

"Thomas Thomas terbukti telah melanggar Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Thomas Thomas juga dinyatakan melanggar peranturan Menteri Tenaga Kerja tentang kewenangan dan jabatan yang boleh dipegang oleh seorang tenaga kerja asing," kata Harlen, seperti dikutip tribunpekanbaru.com.

 

Harlen menyebutkan, mereka menemukan pelanggaran itu setelah melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap Thomas Thomas. Harlen menyatakan, pihaknya bahkan sudah melakukan tindakan yang seharusnya sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. Ia juga mengatakan, Thomas melanggar undang undang ketenagakerjaan karena melakukan urusan di bidang kepersonaliaan di dalam perusahaan dan sahamnya juga dimiliki KLK itu. Nama korporasi tersebut diketahui merupakan perusahaan perkebunan kelapa sawit berbasis di Malaysia. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit