infosawit

Tangkal Kebakaran Lahan, Lima Desa Peroleh Masing-masing Rp 100 Juta



Tangkal Kebakaran Lahan, Lima Desa Peroleh Masing-masing Rp 100 Juta

InfoSAWIT, JAMBI - Penghargaan Desa Bebas Api tersebut diserahkan secara langsung oleh Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Montty Girianna, kepada perwakilan kelima desa yang berhasil mencegah kebakaran lahan selama kurun 1 tahun silam.

Kelima desa yang terpilih sebagai desa tanpa terbakar tersebut diantaranya, Desa Lubuk Ogong, Desa Lalang Kabung, Desa Delik, dan Desa Segati di Provinsi Riau, dan Desa Lubuk Bernai di Provinsi Jambi, berhak menerima penghargaan dalam bentuk insentif sebesarRp 100 juta, dari Asian Agri yang telah bergabung dalam program Desa Bebas Api yang diagagas perusahaan setahun lalu. Dana tersebut tercatat dapat dimanfaatkan untuk pengadaan maupun perbaikan fasilitas penunjang pencegahan kebakaran di desa.

Merujuk informasi dari perusahaan, Asian Agri memulai program Desa Bebas Api sejak tahun 2016 dengan bermitra bersama 7 desa di Riau dan 2 desa di Jambi. Tercatat pada tahun 2016, dari 306.664 hektar lahan desa yang tergabung dalam program Desa Bebas Api, masyarakat desa berhasil menekan kebakaran hingga 7,98 hektar dari tahun sebelumnya yang mencapai 13,75 hektar (2015).

Dikatakan Regional Head Asian Agri Wilayah Riau, Omri Samosir, kegiatan ini merupakan bukti nyata dari komitmen perusahaan dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, yang dilakukan dengan melaukan kerjasama membentuk aliansi pencegahan kebakaran lahan. “Kegiatan ini juga sebagai bukti pengembangan sawit yang berwawasan lingkungan dengan praktik berkelanjutan,” katanya. (T2)

 

Lebih lengkap Baca InfoSAWIT edisi September 2017

Http://www.store.infosawit.com

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit