infosawit

Pelaku Perkebunan Banjiri WPLACE



Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla saat meninjau pameran acara WPLACE di Hotel Sahid, Jakarta.
Pelaku Perkebunan Banjiri WPLACE

InfoSAWIT, JAKARTA – World Plantation Conference and Exhibition (WPLACE), untuk pertamakalinya digelar dan dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Dikatakan Ketua Penyelenggara WPLACE, Teguh Wahyudi, kegiatan ini bertujuan untuk bertukar informasi dalam upaya menghadapi perubahan yang dinamis pada bisnis perkebunan global.

Kendati baru pertamakali diadakan, acara yang digelar dengan beragam tema perkebunan seperti kelapa sawit, karet, kakao, kopi, teh dan gula/tebu, telah menarik para pelaku perkebunan global. Bahkan Teguh memastikan, acara ini dihadiri sekitar 1500 peserta, dimana sekitar 400 peserta berasal dari 33 negara.

Tidak itu saja, kegiatan ini juga menarik bagi para pelaku usaha perkebunan baik sedang mapung besar. “Sebanyak 75 perusahaan perkebunan besar dan menengah ikut serta dalam kegiatan ini,” katanya dalam pembukaan WPLACE, di Hotel Sahid, Jakarta yang dihadiri InfoSAWIT.

Sementara dikatakan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, sejarah Indonesia tidak lepas dari perkebunan, orang barat (Eropa) jauh-jauh ke Indonesia hanya sekadar untuk mencari rempah-rempah hasil bumi nusantara ini, seprti pala, cengkeh dan komoditas lainnya.

Disaat zaman kolonial, perkebunan besar kemudian dibuka dan dibina, yang kerja banyak dari kalangan penduduk lokal. “Sebab itu saat ini kita perlu melihat perkembangan yang ada, sekaligus mengenal tantanganp erkekbunan dan pertanian kedepan,” katanya.

Terlebih tahun 2025 diperkirakan populasi di bumi aka berkisar 9 miliar, jelas dengan bertambahnya populasi maka kebutuhan pangan pun bakal meningkat pula. Bahkan akan ada peningkatan permintaan kebutuhan pangan hingga 70%.

Sebab itu tutur Jusuf Kalla, kita butuh komoditas perkebunan, dan mesti segera mengatasi tantangan yang ada pada sektor perkebunan. “Tantangan itu yang harus segera diatasi,” tandas Jusuf Kalla. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit