infosawit

Peremajaan Sawit Bantu Produktivits Petani



Peremajaan Sawit Bantu Produktivits Petani

InfoSAWIT, JAKARTA - Program replanting atau peremajaan sawit rakyat dinilai bakal meingkatkan tingkat perekonomian pekebun kecil. Dikatakan Wakil Sekjen Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Rino Afrino, dengan telah di resmikannya program peremajaan kelapa sawit oleh Presiden RI, Joko Widodo pekan lalu di Musi Banyuasin, telah menjadi bukti dukungan pemerintah terhadap sektor kelapa sawit.

Lebih manjut tutur Rino, masyarakat semakin termotivasi untuk menanam sawit dan maju mundurnya kelapa sawit sangat mempengaruhi kehidupan dari 22 juta masyarakat sehingga dampaknya besar bagi pembangunan ekonomi, khususnya upaya penciptaan lapangan kerja, penanggulangan kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia.

Dukungan pemerintah yang jelas juga terlihat dari kerja keras Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Luar Negeri untuk memajukan industri ini melalui berbagai forum nasional dan global.

"Keberpihakan pemerintah Jokowi sangat jelas dan perlu diapresiasi melalui kerja keras dan pantang menyerah dari para pemangku kepentingan sawit dalam berbagai forum," kata Rino.

Sementara harapan Ketua Forum Tani Indonesia (Fortani) Wayan Supadno, peluang tersebut dimanfaatkan para lulusan perguruan tinggi kembali ke desa untuk menanam sawit. "Pemerintah perlu mendorong para lulusan perguruan tinggi terutama dari fakultas pertanian untuk menjadi wirausaha muda sawit," katanya.

Wayan yang juga petani sawit asal Pangkalan Bun mengungkapkan, keterlibatan wirausaha muda sawit yang berpendidikan diharapkan mampu mepercepat pertumbuhan industri sawit nasional.

"Jika petani sawit berpendidikan maka tidak mudah bagi industri ini disisipi oleh kepentingan kelompok tertentu seperti LSM," katanya dikutip Antara. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit