infosawit

Inecda Lakukan Peremajaan kebun Sawitnya



Inecda Lakukan Peremajaan kebun Sawitnya

InfoSAWIT, INHU - Sejak dilakukannya peremajaan (Replanting), tanaman kelapa sawit milik PT Inecda Plantation Desa Tanimakmur Kecamatan Rengat Barat, Inhu pada bulan Januari 2017 yang dinilai sudah tidak produktif lagi di tahap pertama, sudah dirajang dan ditanam.

Sedangkan replanting tahap kedua, semua tumbangan batang kelapa sawit dirajang dengan ukuran 10 cm setiap rajangan, sehingga hasil rajangan itu cepat membusuk menjadi tanah, selain itu juga berguna sebagai pupuk untuk tanaman berikutnya.

Dijelaskan,  Senior Manager PT Inecda Plantation, Khamdi, semua hasil tumbangan kelapa sawit pada tahap pertama itu setelah dirajang lalu digali pada areal gawangan untuk menguruk semua hasil tumbangan kelapa sawit itu, hingga tidak ada yang tersisa.

Hal itu dilakukan, selain untuk mengantisipasi peredaran hama dan penyakit tanaman berikutnya, juga untuk mempermudah perawatan kelapa sawit pada tanaman baru, bahkan dari tanaman batang kelapa sawit itu setelah dilakukan penelitian sangat bermanfaat untuk pemupukan tanaman berikutnya.

"Dirajang dengan ukuran 10 cm per rajangan, jika melebihi dari aturan tersebut, maka semua Askep, Asisten dan mandor disediakan alat sempritan (Pluit), gunanya untuk memperingatkan operator alat yang sedang melakukan rajangan itu agar tetap pada ukuran yang ditetapkan 10 cm per rajangan itu,"papar Khamdi dikutip halloriau.com. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit