infosawit

Warga Demo PT KIU



InfoSAWIT, SAMPIT - Ratusan warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Palampang Tarung Desa Mekar Jaya Kecamatan Parenggean, Selasa pagi (18/10) melakukan demo ke PT Katingan Indah Utama (KIU). Demo dilakukan warga lantaran lahan yang sudah puluhan tahun mereka miliki dikuasai oleh perusahaan tersebut. Ketua Kelompok Tani (Poktan) Palampang Tarung Desa Mekar Jaya H Hairis Salamet menuturkan, pihaknya melakukan demo karena sudah lama pihak perusahaan melakukan panen sawit di lahan mereka. Padahal sebelumnya kelompok tani dijanjikan oleh perusahaan akan diajak bermitra melalui koperasi, namun setelah lebih sepuluh tahun lamanya tidak pernah terwujud.

“Kami kecewa dengan PT KIU yang sudah lama menikmati hasil dari sawit di lahan kami, tanpa membagi hasil sawit kepada kelompok tani kami mas,” ungkap H Hairis saat dibincangi awak media usai melakukan demonya di sekitar kebun sawit belum lama ini seprti dikutip prokal.co.

Disampaikannya, kelompok tani Palampang Tarung memiliki lahan sekitar 388 hektare yang dikelola oleh PT KIU dari tahun 2004 hingga saat ini. Warga yang tergabung dalam kelompok tani Palampang Tarung telah melakukan upaya dengan mendatangi Pemkab Kotim untuk menghentikan kegiatan yang dilakukan oleh PT KIU. Hal ini juga sudah disetujui juga oleh Pemkab Kotim dengan meminta agar perusahaan tidak lagi melakukan pemanenan di lokasi milik warga. 

Sigit, perwakilan dari PT KIU mengatakan, pihaknya akan mematuhi aturan yang telah dikeluarkan oleh pemda. Hanya saja, pihaknya baru menerima surat dari Pemkab Kotim untuk menghentikan aktivitas di lokasi tersebut. “Sudah sejak tiga hari lalu kami tidak lagi melakukan aktivitas baik panen ataupun yang lainnya. Kami juga menerima surat dari pemda setempat tiga hari lalu,” tutur Sigit.(T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit