infosawit

200 Ha lahan Milik 82 Pekebun dapat Bantuan Peremajaan



200 Ha lahan Milik 82 Pekebun dapat Bantuan Peremajaan

InfoSAWIT, TANA PASER – Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Paser, Bahriansyah mengungkapkan, bahwa puluhan petani akan menerima bantuan replanting atau peremajaan kelapa sawit di daerah setempat.

“Sekitar 200 hektare lahan kelapa sawit, milik 82 pekebun akan segera di replanting atau diremajakan. Untuk persyaratannya sendiri, saat ini sudah lengkap, dan telah kami kirimkan kepada pihak kementerian,” ungkapnya, kemarin.

Replanting kelapa sawit seluas 200 hektare ini, lanjut ia, merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI). Dimana, puluhan petani yang akan mendapatkan bantuan adalah Kelompok Tani (Poktan) pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sawit Jaya di Desa Simpang Pait, Kecamatan Long Ikis.

“Setiap petani, memiliki lahan kelapa sawit seluas dua hektare. Untuk setiap hektarenya, mereka (petani) akan mendapatkan bantuan sebesar Rp25 juta,” ucapnya  dikutip korankaltim.com.

Dikatakan, untuk program itu, para petani akan dibantu mulai dari penumbangan pohon kelapa sawit yang lama, pemupukan lahan hingga penanaman bibit kelapa sawit.

“Untuk program replanting ini, para petani akan dibantu mulai dari penumbangan tanaman lama, hingga sampai ke pananaman bibit. Sehingga, tanaman petani menjadi produktif lagi,” ujarnya.

Tercatat  hingga kini terdapat seluas 17.000 hektare lahan kelapa sawit yang sudah harus dilakukan peremajaan kembali di wilayah Kabupaten Paser. Pasalnya, telah memasuki usia tua atau sudah produktiv lagi. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit