infosawit

Tercatat Masih Ada 45 Titik Api



Tercatat Masih Ada 45 Titik Api

InfoSAWIT, MEULABOH - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Meulaboh-Nagan Raya kembali melansir 45 titik api ditemukan di Aceh Barat dan Nagan Raya. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya hanya 19 titik.

Kepada BMKG Meulaboh-Nagan Raya Edi Darlupti kemarin menjelaskan kebakaran lahan di Aceh Barat tersebar di Kecamatan Meureubo 3 titik, Johan Pahlawan 2 titik, Samatiga 2 titik, Kaway XVI sebanyak 3 titik, Bubon 1 titik, Arongan Lambalek 1 titik, Woyla Barat 4 titik, Woyla 3 titik, Woyla Timur 2 titik dan Panton Reu 1 titik. Sedangkan di Nagan Raya dengan rincian Kecamatan Kuala 1 titik, Tadu Raya 5 titik, Beutong 3titik dan Darul Makmur 13 titik.

Tulis aceh.tribunnews.com, dengan kemunculan titik api baru tersebut membuat kebakaran lahan di Aceh Barat dilaporkan semakin meluas dan belum juga padam dan menganggu aktivitas warga dan siswa yang belajar di sekolah. Sekolah yang diselimuti asap adalah SDN 8 Meulaboh di Suak Raya. Sejumlah siswa harus menggunakan masker. “Asap pekat pada pagi hari. Namun jelang siang berkurang. Untuk sekolah masih normal meski berasap,” kata Kepala SDN 8 Zainal Arifin kemarin.

Dampak kebakaran lahan juga membatasi jarak pandang warga yang melintasi jalan Meulaboh-BandaAceh di kawasan Suak Raya dan Suak Nie. Wakil Bupati Aceh Barat H Banta Puteh Syam kemarin mengumpulkan semua dinas teknis serta pihak TNI dan Polri.

Pertemuan di ruang rapat Wabup tersebut membahas langkah penanggulangan karhutla di Aceh Barat yang dilaporkan meluas. Wabup mengungkapkan rapat tersebut untuk memastikan langkah yang akan dilakukan.

Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) juga terjadi di kawasan lahan Insiden, Desa Rukoen Dame, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sejak tiga hari lalu dan semakin meluas.

“Kebakaran terus meluas, kemudian membakar areal kebun sawit rakyat kawasan Simpang Labu. Tidak kurang 4 hektare kebun sawit milik tiga orang warga musnah dimangsa api,” kata Tgk Abubakar Al-Bayani. (T3)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit