infosawit

Dengan Sawit Sapi, Target 2 Juta Sapi di Kaltim Berpotensi Terpenuhi



Dengan Sawit Sapi, Target 2 Juta Sapi di Kaltim Berpotensi Terpenuhi

InfoSAWIT, SAMARINDA - Diprogramkan sejak 2013 lalu, target populasi 2 juta sapi di Kaltim diyakini bakal tercapai akhir tahun depan. Selain melibatkan peternakan rakyat, program ini juga melibatkan perusahaan perkebunan.

Kepala Dinas Peternakan Kaltim Dadang Sudarya mengatakan, untuk mencapai target itu, pihaknya sudah memberlakukan Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting (Upsus Siwab). Langkah ini merupakan integrasi antara peternak sapi dengan perkebunan kelapa sawit.

“Tak hanya itu. Perkembangan sapi di lahan bekas tambang batu bara juga sudah berjalan,” ucapnya seperti dikutip Kaltim Post belum lama ini.

Menurutnya, sasaran dari Upsus Siwab di Kaltim dibebani target inseminasi buatan hingga 18.942 akseptor. Tahun ini, ada 9.927 ekor yang dicanangkan, terdiri dari sapi dan kerbau, dan semuanya adalah jenis betina.

“Jika kerja sama dengan perusahaan tambang batu bara dengan pola integrasi itu lancar, kami menghitung itu bisa menghasilkan 59.375 ekor per tahun,” ungkapnya. Jumlah tersebut, lanjut Dadang, didapat dari hasil pendataan lahan tambang yang sudah lama tak berfungsi di seluruh wilayah Kaltim.

Kemudian, melalui kerja sama dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit. Polanya adalah integrasi sapi- sawit. Program ini ditarget bisa menghasilkan 267.188 ekor per tahun.

“Tapi dengan catatan, pemeliharaan sapi berada pada lahan sawit yang sudah cukup umurnya. Sehingga, ternak tidak merusak lahan sawit,” tuturnya.

Dia mengatakan, sapi yang dipelihara di lahan sawit akan saling menguntungkan satu sama lain. Kotoran dan urine sapi akan menjadi pupuk sawit. Sementara limbah sawit akan menjadi makanan sapi.

 

Tak berhenti di situ, strategi lain juga dijalankan Pemprov Kaltim untuk mencapai target 2 juta sapi. Termasuk dengan memaksimalkan jatah dari APBN, maupun APBD provinsi dan kabupaten/kota. Ditambah stimulan pembiayaan dari perbankan melalui kredit ternak, seperti dari BPD Kaltim dan BRI. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit