infosawit

Ini Hasil 7 Dinas Perkebunan Saat Bertemu DirjenBun



Ini Hasil 7 Dinas Perkebunan Saat Bertemu DirjenBun

InfoSAWIT, JAKARTA - Pada tanggal 26 Oktober lalu, 7 Dinas Perkebunan Kabupaten bertemu dengan Direktorat Jendral Perkebunan. Dinas-dinas perkebunan itu antara lain adalah; dinas perkebunan kabupaten Paser Kalimantan Timur, Kabupaten Sintang Kalimantan barat, Kabupaten Sanggau Kalimantan barat, Kabupaten Rokan Hulu Riau, Kabupaten Siak Riau, Kabupaten Musi Banyuasin, dan kabupaten Labuan Batu Utara. Pertemuan ini di inisiasi oleh Serikat Petani Kelapa Sawit.

Pertemuan ini di pimpin langsung oleh Ir. Irmijati Rachmi Nurbahar, M.Sc selaku Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar dan di damping oleh Ketua SPKS. Pertemuan ini membahas terkait dengan masalah-masalah perkebunan daerah dan membangun solusi bersama.

SPKS yang menginisiasi pertemuan ini dalam pembukaan acara pertemuan ini menegaskan bahwa selama ini tidak ada sinergitas antara nasional dan daerah. Informasi dan solusi selalu terputus di tengah jalan. Dalam pertemuan itu akhirnya akan melakukan tindak lanjut pertemuan dan akan membahas secara mendalam mengenai, pertama, Terkait dengan replanting Perlu ada pedoman teknis dari dirjenbun dan dapat dijelaskan ke daerah. Selain itu, agar prosesnya tidak panjang. 

Kedua, perlu memunculkan Surat edaran dari dirjenbun agar petani yang mendapatkan STDB bisa punya akses penjualan ke pabrik yang lebih mudah. Ketiga, rancang pertemuan kembali oleh SPKS bersama dirjenbun, disbun, dan undang KPK dan ATR khususnya terkait dengan persoalan kawasan dan penerbitan STDB. Lantas keempat, pembahasan skema STDB dan BPDP dibutuhkan oleh daerah. “Dan Kelima integrasi data petani dengan SIP kebun untuk sinkronisasi. SPKS dan dirjenbun kordinasi dengan SIP kebun dan Ibu irmi,” tutur pihak SPKS dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit